Viral Uang Kertas Baru Bergambar Sri Mulyani, BI Beri Klarifikasi

Bank Indonesia (BI) Bantah Viral Uang Kertas bergambar Menteri Keuangan Sri Mulyani yang diklaim merupakan emisi 2024.  Foto/TikTok

POSSINDO.COM, Ekonomi -Bank Indonesia (BI) membantah viral uang kertas bergambar Menteri Keuangan Sri Mulyani yang diklaim merupakan emisi 2024.

"Hoax!" kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim kepada CNNIndonesia.com, Selasa (19/3).

Unggahan soal uang kertas emisi 2024 itu beredar di dunia maya, khususnya TikTok. Ada sebuah akun yang mengunggah foto 6 lembar uang kertas, membandingkan uang beredar saat ini dengan yang disebut emisi baru.

Dalam unggahan tersebut, terlihat wajah Sri Mulyani menghiasi lembaran uang kertas yang sudah diredenominasi dari Rp1.000 menjadi Rp1. Uang kertas tersebut berwarna hijau.

"Uang kertas emisi terbaru sudah bisa dipakai saat lebaran," tulis narasi sesat tersebut.

Sementara itu, pecahan Rp50 ribu dinarasikan menjadi Rp50 berwarna abu-abu dan Rp100 ribu menjadi Rp100 dengan warna merah.

Unggahan yang tak jauh beda juga muncul di X. Ada narasi soal redenominasi rupiah, yang kemudian direspons oleh akun X resmi milik Bank Indonesia.

"Hai, #SobatRupiah. Terkait dengan rencana redenominasi rupiah bahwa persiapan teknis telah ada sejak waktu lalu ya. Namun demikian, implementasi redenominasi ini akan dilakukan pada saat yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa faktor," balas akun BI.

"Jika sudah ditetapkan, informasi mengenai hal ini akan dipublikasikan dan disosialisasikan melalui kanal resmi Bank Indonesia. Pastikan selalu memverifikasi kebenaran informasi melalui sumber resmi tersebut. Semoga informasinya membantu," tandasnya.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال