Mengenal Ayam Masak Bom, Kuliner Unik Asal Kota Banjarmasin

Seorang ibu asal Banjarmasin nampak tengah mengolah ayam masak Bom. Foto/ IG Saraba Banjar

POS SINDO.COM, Ragam - Jika anda tengah berada di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Anda bisa menjajal satu kuliner unik yang ada di Kota ini. Namanya ayam masak bom. Ya, namanya memang aneh dan unik, tapi jangan salah. Kuliner yang satu ini cukup populer di Banjarmasin rasanya perpaduan antara pedas, manis, dan gurih.

Informasi dari warga Banjar, dinamakan ayam masak bom sendiri karena cara memasaknya yang khas dan unik yakni dengan memasukkan arang panas ke dalam panci atau wajan yang sudah berisi ayam sambal merah. Bahan makanan yang dimasukan arang tadi biasanya akan mengeluarkan asap tebal dan bunyi letupan layaknya sebuah bom.

Ayam masak bom sendiri memang berbeda dengan ayam masak habang biasa, hal tersebut dapat dilihat dari tekhnik pembuatannya serta bahan sambal. Jikasambal masak habang berwarna kemerahan sedangkan masak bom merah pekat atau sedikit kecoklatan.

Di Masak saat ada Jamuan Khusus

Meski makanan ini cukup Populer di masyarakat Banjar, namun hidangan tidak dijual umum dirumah-rumah makan. Biasanya ayam masak bom akan dimasak khusus jika ada acara penting seperti kawinan atau untuk menjamu tamu penting yang datang.

Hal tersebut lantaran untuk memasak ayam masak bom ini diperlukan koki berpengalaman, terutama hanya ibu-ibu tertentu sudah berpengalaman dan tahu tehnik bagaimana memasukan arang panas ke dalam bumbu masakan ayam dengan tepat. Biasanya jika salah dalam proses memasak, ayam akan menghitam dan rasanya pahit.

Namun jika koki berpengalaman, rasa ayam masak bom akan terasa lezat dan baunya harum. Kuliner Ayam masak Bom sendiri biasanya dihidangkan bersama nasi hangat serta taburan bawang merah goreng dan sambal pedas yang membuat cita rasanya akan semakin menggunggah selera. ( Redaksi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال