Dinkes Pulang Pisau Kembangkan Pelayanan Bergerak di Daerah Terpencil

 

Sosialisasi dan advokasi pelayanan kesehatan bergerak yang dilaksanakan Dinas Kesehatan. Foto/ POSSINDO.COM

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah dr Pande Putu Gina (29/5/2023) mengatakan pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) merupakan salah satu pola yang dikembangkan Dinas Kesehatan setempat untuk memenuhi pelayanan kesehatan diwilayah terpencil dan sangat terpencil.

Dikatakan Pande Putu Gina, pelaksanaan sosialisasi dan advokasi pelayanan kesehatan bergerak ini dilakukan pada lokus di wilayah Kecamatan Sebangau Kuala yang bertujuan untuk meningkatkan aksesbilitas dan mutu layanan bidang kesehatan yang baik dan maksimal bagi masyarakat terpencil, sangat terpencil dan wilayah terluar.

Pande Putu Gina menerangkan bahwa pelayanan kesehatan bergerak adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (TPKB) dalam rangka meningkatkan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil yang tidak memiliki fasilitas kesehatan dan daerah yang tidak tersentuh pelayanan kesehatan dengan baik.

"Upaya yang dilakukan adalah memaksimalkan pelayanan kesehatan spesialisasi dasar, kegawatdaruratan serta sarana rujukan. PSC 119 yang dimiliki Dinas Kesehatan setempat juga dilibatkan sebagai promosi kesehatan dan pemberdayaan bagi masyarakat," kata Pande Putu Gina.

Menurutnya,  didalam TPKB melibatkan beberapa pihak seperti Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dokter spesialis RSUD Pulang Pisau, serta tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat. Tim melakukan monitoring dan evaluasi yang selanjutnya memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Pande Putu Gina menjelaskan, tujuan dari pelayanan kesehatan bergerak ini adalah terselenggaranya upaya kesehatan yang terjangkau dan bermutu untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan dengan pelayanan kesehatan masyarakat secara optimal.

Pande Putu Gina mengungkapkan dengan menyelenggarakan upaya kesehatan promotif dan preventif terutama pelayanan kesehatan untuk mendukung Puskesmas melakukan pelayanan kepada masyarakat didesa terpencil dan sangat terpencil.  Pelayanan yang diberikan melalui berbagai pendekatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan karakteristik wilayah dan kebutuhan masyarakat setempat.

Dengan terselengaranya program pelayanan kesehatan bergerak ini, papar dia, masyarakat terpencil hingga terluar yang jauh dari fasilitas kesehatan tetap mendapatkan layanan kesehatan yang optimal seperti di wilayah perkotaan. Langkah ini juga sebagai upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Pulang Pisau. (Penulis: HERI WIDODO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال