Tekan Karhutla, Camat Kahlir Imbau Desa Dan Kelurahan Saling Sinergi

Camat Kahayan Hilir, Agustinuah. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau- Camat Kahayan Hilir, Agustinuah mengimbau pada kelurahan dan desa di Kecamatan Kahayan Hilir yang berpotensi rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk saling mendukung dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan. Hal tersebut menurutnya sebagai antisipasi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah yang selama ini dianggap rawan.

"Kita mengharapkan ada koordinasi dengan Pos lapangan, Masyarakat peduli Api (MPA) kemudian koordinasi desa dan kecamatan, terutama desa dan kelurahan yang ada potensi Karhutlanya untuk saling mendukung. Berkaca pada kebakaran di wilayah Kahayan hilir beberapa waktu lalu ada beberapa desa yang memang jadi langganan jika saat musim kemarau," Ujarnya pada Selasa (13/06/2023) tadi.

Dikatakan Agustinuah lagi di Kecamatan Kahayan Hilir sendiri ada 3 desa, kelurahan yang rawan Karhutla, yakni Desa Buntoi, Kelurahan Kalawa dan Desa Gohong. Setiap wilayah telah didukung dengan peralatan untuk menangani Karhutla. Untuk penanganan Karhutla harus dilakukan secara sinergi dan kompak sehingga mampu bertindak cepat saat ada indikasi terjadinya titik api.

"Harapan kita desa dan kelurahan ini bisa saling koordinasi dan saling mendukung, misalnya suatu waktu terjadi karhutla di Desa Buntoi, dan di sana ada 25 unit alat. Jika kurang bisa pinjam dan koordinasi dengan Kelurahan Kalawa, dan kalau masih kurang bisa pinjam lagi dengan Desa Gohong. Itu kuncinya di komunikasi dan sinergi," ungkapnya. ( Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال