BBM Pertalite Tahun Depan akan Dihapus dari Pasaran

Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite Akan Dihapus dari Pasaran Tahun Depan. Foto/Merdeka.com

POSSINDO.COM, Nasional -Bahan Bakar Minyak (BBM) pertalite akan dihapus dari pasaran tahun depan.Perusahaan pelat merah atau Pertamina tersebut akan mulai fokus menjajakan BBM yang dengan kadar RON tinggi melalui Program Langit Biru Tahap 2.

Program Langit Biru adalah program yang telah disepakati pemerintah untuk meningkatkan kualitas BBM di Indonesia, nantinya BBM jenis Pertalite akan diganti dengan Pertamax Green 92.

"Dua tahun lalu kita ada Program Langit Biru. Pertama kita menaikkan BBM subsidi dari RON 88 ke RON 90. Ini kita lanjutkan sesuai rencana Program Langit Biru Tahap kedua, dimana BBM subsidi kita naikan dari RON 90 ke RON 92," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR-RI, Rabu, 30 Agustus 2023.

Nicke menyampaikan, sebagai upaya menyuguhkan BBM ramah lingkungan tahun depan, tahun depan Pertamina akan melakukan BBM jenis pertamax green 92.
 
"Kami akan mengeluarkan lagi pertamax green 92. Sebetulnya ini pertalite kita campur dengan etanol, sehingga  naik oktannya 90 menjadi 92," ucap dia.
 
Tak hanya itu, mulai tahun depan Nicke juga mengatakan Pertamina hanya akan menjual tiga jenis produk BBM yaitu Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.
 
Menurutnya, mencampur bensin dengan etanol memiliki banyak manfaat dari sisi lingkungan, menjalankan mandatori bioenergi, dan menurunkan impor gasoline serta meningkatkan investasi sektor bioenergi.

Sumber : medcom.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال