Ketahui Apa Itu Fenomena Equinox yang Baru-Baru Ini Terjadi

Fenomena Equinox Merupakan Peristiwa Ketika Matahari Tepat Berada di Atas Khatulistiwa. Foto/AP/Rebecca Blackwell

POSSINDO.COM, Ragam -Fenomena ekuinoks kembali menyapa sejumlah wilayah Indonesia, Sabtu (23/9) Lalu. Apa sebenarnya fenomena ekuinoks?

Deputi Bidang Meteorologi BMK, Mulyono Rahadi Prabowo menjelaskan equinox adalah salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun. Indonesia sebagai negara khatulistiwa tentu bakal terkena dampak langsung dari fenomena ini.

Menurut penjelasan Organisasi Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ekuinoks merupakan bagian dari kulminasi Indonesia, karena Indonesia juga dilalui garis khatulistiwa.

Kulminasi adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama.

Merujuk Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena itu terjadi ketika Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang', karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.


Sumber : cnnindonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال