Desa Penglipuran Bali Jadi Daftar Desa Wisata Terbaik di Dunia

Keindahan Desa Penglipuran yang Menginspirasi Dunia. Foto/KEMENPAREKRAF

POSSINDO.COM, Ragam -Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali masuk dalam daftar desa wisata terbaik di dunia yang diumumkan dalam sidang umum ke-25 The United Nation World Tourism Organization (UNWTO). Sidang diselenggarakan di Samarkand, Uzbekistan, 16-20 Oktober 2023.

Penghargaan yang diberikan UNWTO ini mengakui desa-desa terbaik di dunia yang terdepan dalam memelihara keasrian kawasan pedesaan dan melestarikan bentang alam, keanekaragaman budaya, nilai-nilai lokal, dan tradisi kuliner.

Pada sidang kali ini, sebanyak 54 desa di dunia terpilih menjadi yang terbaik. Dengan demikian, total ada 74 desa yang termasuk ke dalam daftar.

Mengutip dari situs Kemenparekraf Wonderful Indonesia, Desa Penglipuran adalah salah satu desa wisata unggulan di Bali dan telah masuk dalam kategori desa wisata mandiri.

Desa Penglipuran pernah menggaet penghargaan sebagai desa terbersih dunia menurut Green Destination Foundation, seperti dikutip oleh Ocean Earth Travel.

Selain lingkungannya yang bersih, Desa Penglipuran memiliki rumah tradisional dengan ciri arsitektur yang khas dan nilai budaya yang kental.

Mengutip situs Pemerintah Provinsi Bali, rumah di sini memiliki bentuk serupa yang tersusun rapi dari ujung utama desa hingga bagian hilir desa. Setiap pekarangan memiliki angkul-angkul (pintu gerbang khas Bali) yang saling berhadapan antar rumah dan dipisahkan oleh jalan utama desa.

Penataan fisik dari struktur desa ini merupakan bentuk warisan budaya masyarakatnya yang terus memegang teguh falsafah Tri Hita Karana.

Falsafah ini merupakan falsafah dalam agama Hindu yang selalu menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan, serta manusia dengan Tuhan.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال