Pemerintah Akan Rumuskan Kebijakan Terkait Penanganan Barang Konsumsi Impor Ilegal

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Kemenkeu

POSSINDO.COM, Ekonomi -Pemerintah akan merumuskan kebijakan penanganan barang konsumsi impor ilegal. Pasalnya, kondisi persaingan ekonomi antar negara semakin sengit.

Menurut pemerintah upaya mengamankan barang-barang impor akan membantu mempertahankan kesehatan ekonomi Indonesia dan juga menajaga UMKM agar tetap terus beroperasi.

"Presiden Jokowi menginstruksikan para Menteri terkait dan Kepolisian serta APH untuk merumuskan langkah penanganan dan pencegahan banjirnya barang impor ilegal maupun praktek dumping yang merugikan industri dan perdagangan dalam negeri," ujar Menteri Keuangan Sri Mulylpzlani sebagaimana dikutip dari akun Instagram, Jumat, 6 Oktober 2023.

Pemerintah, katanya, menerima keluhan dari berbagai asosiasi usaha mengenai banjirnya barang impor di pasar tradisional dan makin sepinya pasar tradisional karena harus bersaing dengan e-commerce. 

Bahkan, ia menyebut maraknya impor ilegal berupa pakaian bekas dan impor borongan telah mengancam perekonomian Indonesia.
 
Oleh karenanya, pemerintah akan melakukan berbagai langkah pengawasan, pelarangan, dan penindakan serta penertiban terhadap impor barang konsumsi.

Sumber : metrotvnews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال