Robot Anjing Pengganti Tenaga Manusia, Jadi Tukang Pungut Lembing Asian Games 2023

Ilustrasi Robot Anjing. Foto/AFP/WANG ZHAO
 
POSSINDO.COM, Ragam -China mengukir sejarah dengan menjadikan robot anjing sebagai pengganti sumber daya manusia pada Asian Games 2023 dan tercatat sebagai yang pertama di dunia.

Hal tersebut dipublikasi akun resmi Asian Games 2023 dalam akun media sosial Instagram, Senin (2/10) lalu. Dalam video singkat itu terlihat anjing robot mengambil cakram lempar lembing.

Biasanya cakram lempar lembing diambil oleh manusia. Kini tugas tersebut digantikan robot anjing. Robot tersebut diklaim bisa berlari menempuh jarak hingga 7.200 meter dalam setiap perlombaan.

Robot ini diproduksi oleh perusahaan yang bernama Deep Robotics. Robot anjing ini adalah model X20 yang sudah diuji coba sejak April 2023 khusus untuk Asian Games.

"Ini untuk pertama kalinya dalam ajang olahraga global robot anjing diaplikasikan untuk mengangkut cakram menggantikan tenaga manusia dengan jarak lari sekitar 7.200 meter untuk setiap pertandingan," tulis takarir unggahan tersebut.

Robot anjing tersebut tidak hanya bertugas di cabang olahraga atletik, tetapi juga di banyak lokasi selama Asian Games 2023 di Hangzhou. Tugas robot ini pun beragam, tidak hanya untuk perlombaan.

Ada robot anjing yang bertugas untuk inspeksi harian gardu listrik di bawah tanah. Ada pula yang berbaris dan menari mengikuti irama musik lagu tema Asian Games 2023, 'The Love We Share'.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال