Bakal Jadi yang Tercepat Didunia, China Rilis Kecepatan Internet Capai 1,2 Tbps

China Telah Meluncurkan Tulang Punggung Internet Masa Depan, yang Berkecepatan Sangat Tinggi Pertama di Dunia. Foto/IC
 
POSSINDO.COM, Ragam -Perusahaan teknologi Huawei dan China Mobile mulai meluncurkan jaringan internet berkecepatan tinggi, diklaim mencapai 1.200 Gbps (gigabit per detik) atau 1,2 Tbps (terabit per detik) di negara asalnya, China, belum lama ini.

Menurut Huawei, kecepatan internet 1,2 Tbps itu dapat digunakan untuk mentransfer data sebanyak 150 film dalam satu detik saja. Meski tak dirinci berapa ukuran file untuk masing-masing film.

Backbone internet 1,2 Tbps ini merupakan bagian dari proyek nasional Infrastruktur Teknologi Internet Masa Depan (FITI) China. Proyek ini merupakan hasil kolaborasi Huawei dan China Mobile bersama dengan Universitas Tsinghua di Beijing, serta Cernet, sebuah jaringan pendidikan dan penelitian yang didanai oleh pemerintah China.

Backbone internet yang kecepatannya mencapai 1,2 Tbps itu mengandalkan kabel optik sepanjang 3.000 kilometer yang membentang di tiga kota, yakni Beijing, Wuhan, dan Guangzhou.

Menurut Jianping, backbone internet FITI 1,2 Tbps ini akan siap akhir tahun 2023 ini. Sebelum diluncurkan pada November ini, backbone internet FITI sudah lebih dulu diuji coba sejak 31 Juli 2023.

Tsinghua mengatakan jaringan backbone telah lulus semua tes dan kini beroperasi dengan lancar dan andal pada kecepatan 1,2 Tbps. Dengan kecepatan tinggi tersebut, backbone FITI ini dapat mendukung transfer data yang membutuhkan banyak teknologi seperti 5G dan kendaraan listrik.

Jaringan internet 1,2 Tbps ini tidak akan hadir di rumah-rumah konsumen dalam waktu dekat. Namun, backbone internet FITI 1,2 Tbps ini diharapkan dapat dapat mendukung transfer data yang membutuhkan banyak bandwidth seperti 5G dan kendaraan listrik.

Sumber : KompasTekno

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال