5 Restoran Luar Negeri Populer Ini Malah Gulung Tikar di Indonesia

Banyak Restoran dari Luar Negeri yang Akhirnya Harus Tutup di Indonesia Karena Berbagai Hal. Foto/texaschicken.co.id

POSSINDO.COM, Ragam -Tren di dunia kuliner memang datang silih berganti. Di Indonesia sendiri banyak restoran asal luar negeri yang membuka gerai atau cabang, tapi sayang tak bertahan lama.

Ada banyak restoran dari jaringan luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk menutup semua gerai mereka di Indonesia karena berbagai hal. Mulai dari efek pandemi COVID-19, berubahnya kepemilikan, sampai gerai makanan yang terus merugi karena sepi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima restoran yang pernah eksis di Indonesia, tapi sekarang sudah tutup:

1. Fish n Co

Fish n Co. merupakan restoran seafood yang berasal dari Singapura. Berdirinya restoran ini berawal ketika dua orang pria melakukan perjalanan ke Afrika. Mereka adalah Mr. Lambert Yeo dan Mr. Ricky Chew. Kesuksesan Fish n Co. di Singapura membuat cabangnya dibuka di Indonesia dan digemari banyak orang.

Namun setelah 19 tahun beroperasi di Indonesia, restoran Fish n Co. tutup permanen pada akhir 2022. Kabar ini disampaikan melalui unggahan di Insta Story, Fish n Co. Indonesia mengumumkan bahwa gerai mereka bersama GF Culinary akan berhenti beroperasi mulai 31 Desember 2022.

2. Lotteria

Lotteria merupakan jaringan restoran cepat saji yang menawarkan beragam makanan khas Korea. Menu khasnya antara lain ayam goreng khas Korea, tteokbokki, hingga aneka burger dengan varian yang cukup unik.

Namun sayangnya Lotteria menutup seluruh gerainya yang tersebar di 32 titik di Indonesia pada pertengahan 2020. Mulai dari kawasan Jabodetabek, Cikarang, Karawang, hingga Bandung. Melalui pengumuman resmi dari manajemen Lotteria di media sosial, mereka mengumumkan pamit dan mengungkapkan terima kasih.

3. Texas Fried Chicken

Pada pertengahan 2023 muncul kabar restoran cepat saji Texas Chicken yang dikelola PT. Cipta Selera Murni TBK akan menutup seluruh gerai mereka di Indonesia.

Kabar ini datang dari PT Cipta Selera Murni TBK (CSMI) selaku pemegang hak waralaba restoran Texas Chicken. Alasan utama Texas Chicken ditutup karena perusahaan terus mengalami kerugian.

Untungnya ada beberapa gerai Texas Chicken yang masih beroperasi di bawah naungan PT. Quick Serve Indonesia. Meski begitu, kini Texas Chicken gerainya sudah tidak sebanyak dulu di Indonesia.

Penutupan gerai Texas Chicken sendiri sudah dimulai pada Februari 2023, setelah PT Cipta Selera Murni TBK tak lagi bekerja sama dengan Cajun Global LLC selaku pemilik brand Texas Chicken yang asli

4. Marche Movenpick

Marche Movenpick merupakan restoran khas Eropa yang memutuskan untuk menutup seluruh gerainya di Indonesia tahun 2020. Restoran ini terkenal dengan tema yang cukup unik karena mengusung open kitchen.

Selain itu suasana restoran yang dibuat seperti berada di pasar tradisional Eropa, membuat banyak penggemarnya sedih karena tak bisa lagi menyantap hidangan favorti di Marche.

Sebelum tutup, Marche Movenpick sudah beroperasi selama sebelas tahun lebih di Indonesia. Salah satu penyebab tutupnya tak lain karena efek dari pandemi COVID-19.

5. Carl's Jr

Terakhir ada restoran burger Carl's Jr yang baru-baru ini mengumumkan akan segera menutup semua gerai mereka di Indonesia. Restoran cepat saji asal Amerika Serikat ini pertama kali membuka gerai di Indonesia pada 2014.

Sayangnya melalui unggahan di media sosial Carl's Jr Indonesia mereka akan berhenti operasi pada tanggal 31 Desember 2023.

"Kami bangga selama 10 tahun bisa menyajikan burger panggang ikonik di Indonesia di bawah MahaDasha Group. Sayangnya kami perlu menghentikan perjalanan kami pada 31 Desember 2023," tulis unggahan di media sosial Carl's Jr.

Sumber : food.detik.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال