5 Tips Merawat Memory Card Kamera Agar Tetap Awat Tidak Mudah Rusak

Memory Card atau Kartu Memori adalah Medium Storage Tempat Kamera Menyimpan Data. Foto/iStock

 
POSSINDO.COM, Ragam -Memory card atau kartu memori adalah medium storage tempat kamera menyimpan data yang kerap penting untuk penggunanya, entah berupa gambar kenangan manis atau foto-foto dari proyek dengan klien.
 
Karena itu, akan sangat menyebalkan apabila memory card tiba-tiba mogok bekerja, mengalami error atau sulit diakses sehingga data di dalamnya hilang atau rusak.


Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk merawat memory card kamera dilangsir dari tekno.kompas.com

 

1. Simpan di tempat aman

 

Bagian konektor mesti dilindungi dari air, debu, atau kotoran lain agar tetap bersih. Listrik statis dan medan magnet yang kuat juga bisa merusak data di dalam kartu memori, demikian pula dengan suhu ekstrem terlalu panas atau dingin.

2. Gunakan card reader berkualitas

Pembaca kartu memori yang buruk mungkin memiliki kualitas konstruksi rendah sehingga berpotensi merusak memory card. Sebaiknya pakailah merek terpercaya yang sudah diketahui berkualitas tinggi.

3. Jangan dipakai sampai benar-benar penuh

Layaknya medium storage lain, performa memory card menurun seiring dengan semakin banyaknya ruang penyimpanan data yang terisi. Selain itu, ada risiko korupsi data dan perekaman yang putus di tengah jalan jika kartu sudah penuh.

4. Ganti baterai kamera sebelum habis

 

Media penyimpan data berpotensi mengalami korupsi atau kerusakan data apabila aliran listrik terhenti selagi melakukan proses penulisan.

5. Selalu lakukan "safe remove" dari komputer

Opsi "safe remove" memastikan bahwa tidak ada data yang sedang ditransfer sebelum kartu memori dicabut, sehingga mencegah kemungkinan corrupt. "Safe remove" juga memastikan perangkat storage lain yang terhubung ke memory card--misalnya harddisk eksternal--ikut aman karena transfer data tidak tiba-tiba terputus.

Sumber : tekno.kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال