Mengenal 6 Manfaat Bernostalgia untuk Kesehatan Mental

Bernostalgia Mengenang Memori Indah di Masa Lalu Ternyata Dapat Memberikan Manfaat untuk Kesehatan Mental. Foto/ Intisarionline

POSSINDO.COM, Ragam -Nostalgia adalah kerinduan pada sesuatu pada masa lalu, biasanya berupa kenangan manis pada masa lampau. Melansir Time.com, istilah nostalgia kali pertama diperkenalkan pada tahun 1600-an silam, oleh seorang mahasiswa kedokteran Swiss.

Kini, nostalgia dianggap sebagai kerinduan sentimental akan masa lalu yang membangkitkan perasaan senang, dan terkadang disertai nada sedih.

Nostalgia umumnya berpusat pada diri sendiri, teman dekat, dan kerabat yang berfokus pada peristiwa masa lalu yang positif, kenangan tidak menyenangkan, kekecewaan, dan kehilangan.

Apa saja manfaat nostalgia bagi kesehatan mental?

Disarikan dari Everyday Health dan WebMd, berikut ini beberapa manfaat nostalgia bagi kesehatan mental:

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Studi menganalisis beberapa orang yang sering bernostalgia tentang pengalaman yang positif seperti kenangan masa lalu yang menyenangkan, dapat membantu seseorang mengatasi situasi stres dengan lebih baik.

Selain itu, individu yang melakukan nostalgia akan lebih cenderung mengambil tindakan positif selama masa stres di kehidupannya saat ini.

2. Melawan rasa kesepian

Kesepian termasuk ke dalam epidemi kesehatan yang dapat terjadi karena kurangnya hubungan sosial yang sehat.

3. Membuat hidup lebih optimistis

Dalam Journal of Personality and Social Psychology menyebutkan bahwa nostalgia dapat meningkatkan optimisme. Hal ini dikarenakan saat Anda mengenang kenangan indah, Anda akan terbawa kembali ke masa-masa bahagia dan penuh cinta yang dapat mengingatkan kita akan perasaan sukses dan berprestasi sehingga menumbuhkan rasa optimistis yang tinggi.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Ketika hidup menjadi penuh tantangan, kita akan mudah terjebak dalam jebakan pola pikir, seperti berasumsi bahwa kemungkinan terburuk akan segera terjadi. Pola pikir tersebut adalah bentuk sabotase mental yang dapat menimbulkan kekhawatiran, kecemasan, dan membuat Anda menjauh dari kebahagiaan.

Nostalgia menjadi salah satu kunci yang dapat membantu orang-orang untuk merenungkan kenangan mereka yang dulu, seperti saat berhasil mengatasi tantangan, menggunakan keterampilan, mengaku saat berbuat salah, atau kenangan hal lain.

5. Meningkatkan suasana hati jadi lebih baik

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan April 2021 di Consciousness and Cognition, nostalgia dapat meningkatkan mood atau suasana hati. Saat Anda merasa terhambat oleh hal-hal negatif, menyelami perasaan nostalgia dapat membantu meredakan emosi tersebut untuk sementara.

6. Membuat emosi lebih positif

Nostalgia secara umum dapat menghasilkan emosi yang positif, termasuk peningkatan optimisme, inspirasi, peningkatan harga diri, perasaan memiliki tujuan, dan sifat kemudaan. Nostalgia juga dapat memberikan jalan keluar yang dapat membantu Anda dalam situasi yang tidak pasti, penuh tekanan, atau membebani.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال