Ekonom Ungkap Tiktok Shop Hanya Untungkan Segelintir Pihak, Ini Alasannya

Dibalik Transaksi Pembelian Tiktok ke Tokopedia ini, Disebut Hanya Menguntungkan Segelintir Pihak. Foto/Ilustrasi/beritasatu.com

 
POSSINDO.COM, Ekonomi -Aksi korporasi dua raksasa teknologi antara Tiktok dengan Tokopedia menyisakan cerita lain yang belum terungkap dan tidak diketahui publik.

Ekonom sekaligus pemerhati pasar modal, Yanuar Rizky, mengatakan transaksi akuisisi Tiktok terhadap Tokopedia, adalah bukan semata-mata yang disampaikan kepada publik yakni pelaku usaha kecil-menengah dan produk dalam negeri akan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

 

Lebih jauh dari itu, menurut Yanuar, di balik transaksi pembelian Tiktok ke Tokopedia ini, disebut hanya menguntungkan segelintir pihak. Tiktok juga diuntungkan dalam hal ini. 

 

Apa itu? Menurut Yanuar, platform asal Tiongkok itu yang sebelumnya berencana mengurus lisensi pembayaran ke Bank Indonesia, kini tak perlu melakukannya lagi.

 

"Sebetulnya Tiktok Shop itu kemudian dilarang (sebelumnya) dengan berbagai wacana dan peraturannya, sebetulnya kan menolong Tokopedia. Pada akhirnya bukan Tokopedianya juga (yang tertolong), ya tapi pemegang-pegang saham pengendali atau pendiri Tokopedia karena ada kesulitan cash flow dan segala macam itu loh, kan melihatnya gitu," kata Yanuar saat dihubungi, Jumat (18/1/2024).

 
Yanuar pun mengkritik sekaligus sedih, para pedagang kecil termasuk di Tanah Abang justru menjadi pintu masuk aksi korporasi antara Tiktok dan Tokopedia yang sesungguhnya menjadi tujuan utama. Dilanjutkan oleh Yanuar, bahwa aksi korporasi itu di balik layarnya adalah proses pengambilan untung oleh para investor kakap dan investor awal GoTo, ketika perusahaanya dijual ke Tiktok. 
 
"Jadi artinya kalau menurut saya, ini sebuah kebijakan (Permendag 31/2023) ada kepentingannya gitu. Dan apakah pemerintah itu memikirkan pedagang-pedagang kecil, ya enggak," kata Yanuar yang juga berpengalaman sebagai Senior Auditor di Bursa Efek Jakarta.
 
Sumber : tvonenews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال