RSUD Kapuas Kembali Berikan Informasi Edukasi Melalui Siaran Radio Pemerintah Daerah

dr. Erny Indrawati Menyampaikan Informasi Edukasi Melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) di frekuensi 91,4 FM yang beralamat di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat. Kamis, (11/1/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Kapuas -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melakukan siaran melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) k di frekuensi 91,4 FM.

Mengulas tentang manfaat buah dan sayuran bagi Lansia dengan narasumber yakni, dr. Erny Indrawati, selaku Ketua Pokja Komunikasi dan Edukasi (KE) didampingi, Popo Subroto, SKM, M.I.Kom, selaku Koordinator Unit Promkes RSUD Kapuas.

dr. Erny yang bertugas sebagai Dokter Umum Madya dan juga sebagai Dokter Penanggung Jawab Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, menjelaskan bahwa Lansia adalah kependekan dari kata Lanjut Usia, atau kata lain dari kata Tua.

Memasuki masa lanjut usia (lansia) semua orang tentu ingin menikmati masa pensiun dengan menyenangkan dan terbebas dari penyakit yang timbul karena proses penurunan fungsi tubuh yang terjadi secara alamiah.

Oleh sebab itu kebutuhan akan kecukupan nutrisi bagi lansia menjadi sangat penting. Kecukupan nutrisi bagi lansia dapat mengatasi masalah kesehatan yang sering terjadi.

Diuraikan dr Erny beberapa penyakit yang sering terjadi pada lansia, antara lain Penyakit jantung dan pembuluh darah, yaitu tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke. Penyakit-penyakit gangguan metabolisme, yaitu : diabetes mellitus, malnutrisi. Penurunan kemampuan berfikir dan daya ingat. Peradangan sendi dan pengeroposan tulang (osteoporosis) yang dapat menimbulkan patah tulang.

“Penyakit-penyakit tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup. Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam buah dan sayur juga mengandung serat dan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menghancurkan radikal bebas,” jelasnya.(Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال