Nora Al Matrooshi menjadi Alasan NASA Kembangkan Hijab Khusus

Nora Al Matrooshi Merupakan Astronot Wanita Pertama dari Etnis Arab. Foto.Instagram/mbrspacecentre

POSSINDO.COM, Ragam -Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kabarnya tengah mengembangkan hijab khusus bagi astronaut perempuan.

Rencana pengembangan hijab khusus astronaut itu berawal setelah Nora Al Matrooshi menjadi wanita Arab pertama yang menjadi astronaut dalam misi luar angkasa dari Uni Emirat Arab (UEA).

Nora menjelaskan NASA mengembangkan strategi untuk memungkinkannya menjaga rambutnya tetap tertutup saat mengenakan pakaian dan helm luar angkasa, yang secara resmi dikenal sebagai Extravehicular Mobility Unit atau EMU.

"Begitu Anda masuk ke dalam EMU, Anda mengenakan topi [komunikasi yang dilengkapi dengan mikrofon dan speaker], yang menutupi rambut Anda," kata Nora, mengutip AFP, Kamis (7/3).

Kendalanya muncul ketika Nora melepas jilbabnya yang biasa, sebelum ia mengenakan topi komunikasi. Hal ini semakin rumit karena hanya bahan yang secara khusus diizinkan yang dapat dikenakan di dalam EMU.

"Para teknisi pakaian itu akhirnya menjahit hijab darurat untuk saya, sehingga saya bisa memakainya, masuk ke dalam pakaian, lalu mengenakan topi komunikasi, dan kemudian melepasnya dan rambut saya akan tertutupi. Jadi saya sangat, sangat menghargai mereka yang melakukan hal itu untuk saya," kata Nora.

Dengan pakaian yang telah disesuaikan, Nora siap meluncur ke luar angkasa bersama rekan-rekan astronaut lainnya.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال