Tanggapan Menhub Soal Keluhan Harga Tiket Pewasat Mahal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (ka) Muhadjir Effendy meninjau Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (23/03/2024). Foto/Dok. Kemenhub

 

POSSINDO.COM, Ekonomi -Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka suara terkait keluhan masyarakat tentang harga tiket pesawat yang melonjak jelang Lebaran 2024.

Menurutnya, keluhan harga tiket pesawat mahal biasanya berasal dari penumpang kelas bisnis. Padahal harga tiket kelas pesawat kelas bisnis bukan kewenangan Kemenhub untuk mengaturnya melainkan menjadi kewenangan maskapai sepenuhnya

 

"Sebenarnya yang banyak komplain itu juga mereka naik bisnis (business class). Kalau bisnis itu enggak ada TBA-nya. Jadi penerbangan berhak untuk menetapkan sendiri," ujarnya saat ditemui di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (29/3/2024).

Dia menegaskan, ketentuan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) yang diatur Kemenhub hanya berlaku untuk tiket pesawat kelas ekonomi. Oleh karenanya, Kemenhub tidak dapat menindak jika ada laporan harga tiket pesawat mahal namun setelah dicek merupakan kelas bisnis.

"Saya seringkali mendapatkan informasi saya cuma membatin saja, bisnis bukan kewenangan Kemenhub, kalau ekonomi kewenangan kami dan kami akan lakukan improvement seusai peraturan," tuturnya.

Sebelumnya, Kemenhub memastikan sejauh ini belum ada maskapai yang melanggar aturan TBA tiket pesawat.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال