Hasil Semifinal Timnas Indonesia VS Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024

Para pemain Uzbekistan Melakukan Selebrasi setelah Terjadi Gol Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 Antara Kedua Tim di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024). Foto/KARIM JAAFAR/AFP

POSSINDO.COM, Olahrga -Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke final Piala Asia U-23 2024. Berhadapan dengan Timnas Uzbekistan U-23, Skuat Garuda tumbang dengan skor 2-0.

Timnas Uzbekistan U-23 mencetak gol melalui Khusayin Norchaev dan gol bunuh diri Pratama Arhan di babak kedua.

Berkat hasil ini, Uzbekistan U-23 melaju ke babak final. Sementara Timnas Indonesia U-23 akan menjalani perebutan juara ketiga.

Pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa ini berjalan dengan tempo sedang. Namun Uzbekistan mampu mendominasi penguasaan bola.

Meski begitu, Uzbekistan kesulitan membuat peluang bersih. Lini pertahanan Garuda bermain dengan rapi sehingga Uzbekistan kesulitan menebar ancaman.

Peluang berbahaya pertama Uzbekistan dibuat oleh tendangan mendatar Khosimov namun bola hanya melebar tipis dari gawang Ernando.

Di menit ke-31, Timnas Uzbekistan nyaris mencetak gol melalui tembakan roket Bo'riyev dari luar kotak penalti, namun beruntung tembakan keras itu mengenai mistar gawang.

Di sisa babak pertama ini, Uzbekistan masih mendominasi penguasaan bola. Sementara Timnas Indonesia U-23 mengandalkan serangan balik.

Namun pressing ketat yang dilakukan oleh Uzbekistan membuat Indonesia kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 bertahan sama kuat untuk kedua tim.

Di jeda pertandingan, Uzbekistan membuat dua pergantian pemain. Khojimat Erkinov dan Ulugbek Khosimov ditarik dan digantikan Jasurbek Jaloliddinov dan Khusayin Norchaev.

Sejak awal babak kedua, Timnas Uzbekistan U-23 tampil menekan. Serangan demi serangan dilancarkan ke gawang Indonesia.

Asik menyerang, gawang Uzbekistan justru kebobolan di menit ke-60. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Uzbekistan, Muhammad Ferrari berhasil merebut bola, berbalik badan dan melepaskan tembakan yang masuk ke gawang Uzbekistan.

Namun sayang gol ini dianulir oleh wasit. Pasalnya dalam proses terjadinya gol, Ramadhan Sananta sudah berada dalam posisi offside ketika terjadi duel di depan gawang Uzbekistan, sehingga gol itu tidak disahkan.

Empat menit berselang, justru gawang Indonesia yang kebobolan. Mendapatkan umpan silang dari Khamralaliev dari sisi kanan, Norchaev mampu menyambut bola dengan tendangan voli dan masuk ke gawang Indonesia. Uzbekistan unggul 1-0.

Gol itu membuat Uzbekistan semakin percaya diri. Di menit ke-72, Abbosbek Fayzullaev melepaskan tembakan keras yang mengenai tiang gawang. Uzbekistan juga kembali apes ketika sundulan Norchaev mengenai mistar gawang di menit ke-77.

Di menit ke-83, Timnas Indonesia U-23 harus bermain dengan 10 pemain. Rizky Ridho mendapatkan kartu merah, setelah VAR menunjukkan bahwa sang bek melakukan pelanggaran yang sengaja kepada pemain Uzbekistan saat membuang bola.

Di menit ke-85, gawang Indonesia kembali bobol. Ada miskomunikasi antara Arhan dan Ernando saat ingin menghalau bola sundulan Khusanov, sehingga Arhan mencetak gol bunuh diri. Uzbekistan unggul 2-0 atas Indonesia.

Meski bermain 10 pemain, Timnas Indonesia U-23 tetap mencoba menyerang. Peluang terbaik Indonesia dilepaskan oleh Marselino Ferdinan namun hanya mengenai jaring gawang.

Di sisa babak kedua ini, kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Namun skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Uzbekistan

Sumber : bola.net

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال