Sri Mulyani Minta Bea Cukai Tingkatkan Layanan Usai Viral Dikeluhkan Netizen

Menteri Keuangan, Sri Mulyani akhirnya buka suara. Foto/AFP/STEFANI REYNOLDS

POSSINDO.COM, Ekonomi -Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) berbenah dan meningkatkan pelayanan, terlebih banyak kasus viral yang dikeluhkan netizen.

Setidaknya ada 3 kasus viral menyangkut Bea Cukai yang masuk ke telinga Sri Mulyani. Kasus viral tersebut antara lain pungutan bea masuk impor sepatu hingga Rp30 juta, hibah alat belajar untuk sekolah luar biasa (SLB) yang ditahan dua tahun lamanya, dan kotak hadiah action figure yang rusak usai ditahan DJBC.

Wanita yang akrab disapa Ani itu sampai mendatangi langsung Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Soekarno-Hatta untuk mengetahui langsung bagaimana kasus-kasus itu terjadi. Ia juga memberikan arahan kepada para anak buahnya sebagai evaluasi ke depan.

"Memang banyak sekali kasus yang diterima Bea Cukai. Saya telah meminta kepada Bea Cukai untuk terus meningkatkan pelayanannya karena masyarakat tentu berharap adanya kepastian, kecepatan, dan kenyamanan," titah Ani dalam akun Instagram pribadinya @smindrawati, Minggu (28/4).

"Instansi Bea Cukai harus melakukan banyak peraturan-peraturan yang merupakan dari aturan berbagai kementerian/lembaga (K/L). Ini adalah sebuah tugas yang rumit, tugas negara, kadang-kadang mengganggu kenyamanan masyarakat. Namun, ada juga tujuan, yaitu menjaga perekonomian Indonesia," sambungnya.

Ia menegaskan setidaknya ada 4 tugas utama DJBC Kemenkeu. Pertama, DJBC sebagai revenue collector dari bea masuk atau pajak.

Akan tetapi, Ani menegaskan ada tiga tugas lain yang tak kalah penting.

Tugas kedua Bea Cukai menurutnya adalah fasilitator perdagangan. Ketiga, DJBC harus menjadi industrial assistance atau mendukung industri dalam negeri.

Keempat, Ani menyebut instansi ini punya tugas sebagai community protector alias menjaga masyarakat.

"Hari-hari ini kalau kita lihat lalu lintas melalui salah satu bandara Bea Cukai di Soekarno-Hatta sungguh sangat luar biasa banyak," tuturnya.

"Saya minta kepada Bea Cukai untuk terus bekerja sama dengan para stakeholder karena saya sangat yakin di era digital ini banyak sekali masyarakat tentu akan memberikan masukan serta feedback dan itu sangat bermanfaat," imbuh Ani.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال