Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah di Mandawai Palangkaraya

Kobaran Api yang Membakar Puluhan Rumah di Mendawai Ujung, Selasa Petang (12/9/2023). Foto/IST
 
POSSINDO.COM, Palangka Raya- Api berkobar disertai asap hitam menjelang petang, diduga puluhan rumah hangus tak bersisa, Selasa (12/9/2023).
 
Sebanyak dua puluh rumah dan dua unit mobil ludes dalam bencana kebakaran yang terjadi di Jalan Mendawai, Kompleks Sosial di Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Selasa sore. Dua warga dan satu petugas pemadam kebakaran dilaporkan terluka dalam musibah itu.

Kepala Seksi Operasi dan Komunikasi di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya, Sucipto, mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Api berhasil dipadamkan sekitar 90 menit kemudian. 

 
"Api berhasil kita kendalikan sekitar pukul 19.30 WIB. Laporan sementara sedikitnya 20 rumah ludes dengan kerugian materil kita perkirakan berkisar Rp 1,5 miliar," kata Sucipto.

 

Kondisi pemukiman yang padat penduduk dan rumah yang rata-rata terbuat dari kayu, membuat api cepat membakar seluruh kawasan yang letaknya berseberangan. Kondisi akses jalan yang sempit dan ramainya warga yang melihat kebakaran membuat petugas Damkar yang terlibat pemadaman menjadi kewalahan.

 

Lurah Palangka, Dawid, mengatakan, berdasarkan informasi dari warga, api diduga berasal dari kompleks rumah yang berada di belakang Gereja Panenga. Karena banyak rumah terbuat dari kayu membuat api membesar dan menyeberang ke kompleks di depannya.(Ndre)

 

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال