KTT ke-43 ASEAN Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Perdamaian dan Persatuan

Presiden Joko Widodo memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang digelar di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu, 6 September 2023. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

POSSINDO.COM, Nasional -Presiden Joko Widodo menyatakan kondisi dan hubungan negara-negara ASEAN hingga saat ini masih terpelihara serta tetap bersatu. Presiden Jokowi menegaskan ASEAN tidak akan menjadi proksi, namun ASEAN akan bekerja sama dengan siapapun demi perdamaian. 

Jokowi mencontohkan keberagaman di Indonesia yang terdiri dari beragam suku, budaya, bahasa dan agama. "Bagi Indonesia, kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan," ujar Presiden Jokowi saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa, 5 September 2023.
 
Oleh karena itu, kesetaraan perlu menjadi nilai utama yang dihormati dan perbedaan pendapat merupakan manifestasi dari nilai-nilai demokrasi yang dijunjung oleh ASEAN.
 
Perbedaan pendapat harus dimaknai untuk menunjukkan bahwa ASEAN mempunyai sistem demokrasi yang baik, berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Konsep centrality menunjukkan bahwa ASEAN memilih untuk mempertahankan kebersamaan di tengah perbedaan pandangan dan pendapat.


"Karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi, justru menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara," jelas Jokowi.

 

Sumber : tvonenews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال