Percantik Bangunan Pasar, Pemkab Balangan Akan Renovasi Pasar Paringin

Pasar Tradisional Paringin Jl. Ahmad Yani, Halubau Utara, Paringin Sel., Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPRP) Balangan, Kalimantan Selatan mempercantik pasar tradisional Paringin untuk menarik minat masyarakat dalam berkunjung ke pasar tradisional setempat.

Pasar Paringin tentunya sudah tidak asing lagi bagi warga Kabupaten Balangan kini telah berusia 17 tahun. Pasar Paringin ini telah ada sejak tahun 90 dan tetap ada hingga saat ini.

Pasar paringin, dahulunya bukanlah di Pasar Paringin yang saat ini kita ketahui. Dahulu Pasar Paringin berada di Terminal Pasar Paringin saat ini.


“Sebenarnya perencanaan peremajaan atau renovasi pasar Paringin ini sudah dari tahun 2021 lalu, namun baru dapat kita kerjakan pada tahun ini,” kata Kabid Cipta Karya Dinas PUPRP Balangan Herbert Sihombing, Senin (4/8/2023).

Herbert menuturkan untuk mempercantik pasar tradisional Paringin ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan menganggarkan sekitar Rp1,5 miliar yaitu mulai dari penggantian atap hingga penggantian lantai.

Herbert melanjutkan nantinya pada pengerjaan tersebut akan dilakukan penggantian atap bangunan, plafon, lantai dan pengecatan.

Menurut Herbert renovasi pasar ini juga merupakan mempercantik kota, karena Pemkab Balangan sedang melakukan persiapan untuk mempercantik kota.

“Pada intinya kita tidak menunggu pasar ini rusak dulu baru dilakukan renovasi, tetapi kita lakukan peremajaan terlebih dahulu agar enak untuk dipandang dan menghindari bocor nantinya,” tutur Herbert.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال