3 Tips Dari Kominfo Agar Masyarakat Terhindar Dari Hoaks Terkait Pemilu 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi Membagikan Tiga Tips Agar Terhindar dari Hoaks Jelang Pemilihan Umum (pemilu) 2024. Foto/Biro Humas Kementerian Kominfo

POSSINDO.COM, Nasional -Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membagikan tiga tips agar terhindar dari hoaks pemilihan umum (pemilu). Ketiga langkah tersebut bisa dipraktikkan langsung oleh masyarakat karena pemerintah tetap membutuhkan dukungan warga dalam menangkal hoaks.

Beberapa tips agar masyarakat dapat menangkal hoaks dan disinformasi, di antaranya:

“Pertama, jangan terpancing berita yang sensasional, yang memicu emosi kita dan membuat kita membagikan berita tanpa mengecek kebenarannya terlebih dulu," ujar Budi Arie dalam keterangan pers yang disiarkan secara daring pada Jumat (27/10/2023).

"Kedua, pastikan sumber berita tersebut dapat dipercaya dan memiliki reputasi baik. Dan pastikan bahwa berita tersebut berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Dan bukan hanya berdasarkan opini subyektif," tuturnya.

Ketiga, masyarakat diminta membandingkan berita ketika menemukan informasi yang terdengar mencolok atau kontroversial. "Carilah informasi serupa dari beberapa sumber yang berbeda untuk memastikan kebenarannya," tegas Budi Arie.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال