Hoax Mandi Malam Sebabkan Rematik, Ternyata Banyak Manfaatnya Positifnya

Kebanyakan Orang Percaya Bahwa Mandi Saat Malam Hari Bisa Menyebabkan Rematik Benarkah Anggapan itu?. Foto/andikabroker.co.id

POSSINDO.COM, Ragam -Kebanyakan orang percaya bahwa mandi saat malam hari bisa menyebabkan rematik. Anggapan tersebut pun tak jarang membuat orang-orang yang baru selesai beraktivitas seharian dilema, padahal mandi malam dinilai bisa memberikan kesegaran tubuh.

Apa itu rematik?

Rematik adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem imun menyerang persendian, tulang, otot, dan organ tubuh. Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami nyeri intens di otot dan persendian, terutama di pergelangan tangan atau kaki.

Bila tidak segera ditangani, rematik dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh lainnya, seperti paru-paru, jantung, sistem saraf, ginjal, kulit, dan mata.

Mandi di malam hari sebabkan rematik?

Faktanya belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik. Ini artinya informasi yang sudah beredar sejak zaman dulu ini, hanyalah sebuah mitos kesehatan saja.

Dokter spesialis reumatologi, dr. Andi Raga Ginting mengatakan bahwa klaim tersebut adalah mitos.

"Tidak ada studi penelitian yang mendukung atau membuktikan hal tersebut," ujar dr. Andi, dikutip dari Fact Check AFP.

Kendati demikian, mandi malam menggunakan air dingin sebaiknya dihindari jika mengidap penyakit rematik.

Mandi di malam hari ternya berdampak positif

Alih-alih menyebabkan rematik, mandi malam sebenarnya memiliki sejumlah manfaat. Menurut penelitian, mandi di malam hari dapat meningkatkan waktu dan kualitas istirahat seseorang, terutama bila menggunakan air hangat.

Dilansir dari Sleep Foundation, beberapa jam sebelum tidur, suhu inti tubuh manusia akan menurun secara alami, sedangkan suhu kulit tangan dan kaki meningkat. Para ilmuwan berhipotesis bahwa mandi dengan air hangat membantu proses pengaturan suhu alami sehingga meningkatkan kualitas tidur.

Sementara itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa mandi dengan air dingin bisa membuat tidur lebih nyenyak selama tiga jam pertama. Namun, penelitian lain justru menemukan, mandi air dingin saat malam hari dapat membuat suhu tubuh menurun dan memengaruhi kualitas tidur.

Sumber : cnbcindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال