Karya Fotografer Indonesia Ini Menang Di Ajang Bergengsi Sampai Dituduh Gunakan AI

Foto Karyanya Dikey Ariani yang Berjudul “ Warung Kopi”. Foto/X:@fitsalma
 
POSSINDO.COM, Nasional -Fotografer Indonesia, Dikey Ariani berhasil menang lomba CEWE Photo Award 2023 kompetisi bergengsi di Eropa untuk kategori People dan kategori umum.

Foto karyanya yang berjudul “ Warung Kopi” malah dituduh karyanya hasil bantuan AI. Waduh, yang bener nih?

Lois Lammerhuber selaku Juri CEWE menyatakan bahwa karya seni tersebut benar-benar indah dan berhasil gambarkan bagaimana kegembiraan terungkap ketika manusia dalam suatu komunitas berkumpul untuk merayakan keindahan dunia mereka dalam sekejap mata.

Lois menambahkan bahwa foto tersebut membuat yang melihatnya seakan terbawa dalam momen yang diabadikan. Ditambah pula permainan cahaya, membuat suasana semakin unik dan memberikan dampak emosional.

Jadi, tidaklah heran bila para juri pada kompetisi bergengsi tersebut memutuskan “Warung Kopi” tidak hanya dinyatakan sebagai pemenang satu kategori saja, namun tampil sebagai juara umum pada kompetisi tersebut.

Malah Dituduh Hasil AI

Memenangkan kompetisi berkat kemampuan dan jerih payah diri sendiri tentunya merupakan hal yang membanggakan. Namun, tampaknya ada saja pihak yang tidak senang dengan apa yang kita capai, sama halnya dengan yang menimpa fotografer Indonesia yang baru-baru ini memenangkan kompetisi bergengsi di Eropa.

Fakta

Ternyata semua karya dari Dikey Ariani semua real jepretannya sendiri tanpa adanya bantuan AI seperti tuduhan atau rumor yang tersebar.


Tidak berhenti sampai di situ saja, melaludi twitter miliknya yang bernama Ketik Fit lalui cuitannya juga memberikan sekumpulan foto yang diambil di studio. Setidaknya ada sekitar dua puluh empat foto yang dijadikan satu foto untuk menegaskan bahwa ini memang murni kemampuan seni dari Ariani Dikye, bukan AI.


Sumber : gamebrott.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال