Pemdes Paduran Sebangau Imbau Warga Ikut Aktif Cegah Karhutla

Pemdes Paduran Sebangau dibantu aparat TNI, Polri dan  MPA serta relawan melakukan pemadaman karhutla di di RT 02 desa setempat sehingga api bisa dikendalikan. Foto/IST


POS SINDO.COM, Pulang Pisau - Memasuki musim kemarau, Pemerintah Desa Paduran Sebangau Kecamatan Sebangau Kiala menghimbau masyarakat untuk mewaspadai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Hal tersebut disampaikan Kades Paduran Sebangau, Bahtiar pada minggu (30/09/2023) tadi.

“Pemerintah Desa Paduran Sebangau mengimbau Masyarakat agar ikut mendukung pemerintah dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dimusim kemarau. Sebab saat ini bahaya api dan asap yang ditimbulkan sangat mengancam kesehatan,” ungkap Kades Bahtiar.

Dirinya juga meminta Masyarakat yang akan membuka lahan untuk menahan diri dan tidak membuka lahannya dengan cara di bakar, sebab dikhawatirkan akan menyulut kebakaran lahan. Terlebih dimusim kemarau dikatakan Bahtiar kondisi ranting mengering dan mudah tersulut jika terkena percikan api. 

Selain itu dirinya juga mengingatkan pada yang melintasi jalan Sebangau Kuala- Maliku untuk tidak membuang puntung rokok ke pinggir jalan. Karena kanan dan kiri jalan tersebut sangat rawan terbakar.

“Bahkan kemarin di wilayah Desa paduran, khususnya di RT 02 sempat terjadi kebakaran yang sampai masuk ke perkebunan Masyarakat dan masuk area pemakanan warga. Kita dibantu Aparat TNI, Polri dan dibantu MPA serta relawan melakukan pemadaman sehingga api bisa dikendalikan. Semoga Masyarakat bisa ikut membantu denganmelakukan upaya pencegahan serupa,” tukasnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال