Percepatan Penuruan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalteng

Kegiatan Review Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Kalteng Tahun 2023, bertempat di Ballroom Batang Garing Hotel Best Western, Palangka Raya, Kamis (12/10/2023). Foto/IST

POSSINDO.COM, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Prov. Kalteng H. Edy Pratowo membuka secara resmi kegiatan Review Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Kalteng Tahun 2023.

Mengawali sambutannya, Wakil Gubernur H. Edy Pratowo menyampaikan penurunan stunting merupakan prioritas, sebagaimana telah ditetapkan dalam Visi dan Misi Gubernur Kalteng, yaitu mewujudkan kesejahteraan segenap masyarakat menuju Kalteng makin BERKAH yakni Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis melalui percepatan pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berdaya saing.

 “Saat ini Asersi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Perangkat Daerah yang mendukung sektor penanganan stunting tahun 2023 sebesar 35,515 Miliyar Rupiah lebih. Harapannya asersi tersebut dapat terimplementasi dengan baik sesuai sasaran dan target PPS”, jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, pada tahun 2024 dapat ditingkatkan alokasi penganggaran secara spesifik pada indikator rencana kerja PPS Kalteng. Berdasarkan hasil Evaluasi BPKP 2023 terhadap kegiatan percepatan penurunan stunting Prov. Kalteng, terdapat beberapa rekomendasi. Adapun rekomendasi BPKP tersebut, diantaranya memastikan keseluruhan dokumentasi penganggaran yang dikelola oleh anggota TPPS untuk kegiatan stunting tersedia dengan memadai, memastikan pelaksanaan program penurunan stunting berdasarkan pada data Keluarga Berisiko Stunting yang ter-update, rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia (RAN-PASTI), memastikan efektivitas koordinasi dan konvergensi, serta memastikan monitoring dan evaluasi secara berkala atas capaian indikator output. 

Wagub Kalteng berharap dengan terimplementasinya berbagai indikator PPS dan ketersediaan dukungan anggaran serta dukungan dan pengawalan terhadap kegiatan SKI, dapat berkontribusi terhadap turunnya prevalensi Stunting Kalimantan Tengah.(Ndre/MC.Kalteng)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال