Ribuan Santri di Kapuas Ikuti Peringatan HSN, Pj Bupati Kapuas Erlin Jadi Inspektur Upacara

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Saat Melepas Rombongan Kirab Para Santi dan Santriwati, bertempat di Halaman Masjid Agung Al Mukarram, Minggu, (22/10/2023). Foto/IST

 
POSSINDO.COM, Kapuas -Ribuan santri dan santriwati yang berasal dari pondok pesantren di wilayah Kabupaten Kapuas ikut meramaikan rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional di Kota Kuala Kapuas, Minggu, 22 Oktober 2023.

Sejumlah rangkaian kegiatan digelar dalam Peringatan Hari Santri tahun ini diantaranya upacara peringatan, kirab santri dan juga silaturahmi bersama.

Bertempat dihalaman Masjid Agung Al Mukarram Kuala Kapuas, upacara peringatan berlangsung dengan khidmat, yang mana Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan untuk Komandan Upacara yakni Kepala Kemenag Kapuas H Hamidhan.

Erlin Hardi dalam amanatnya saat membacakan sambutan dari Menteri Agama RI, mengatakan bahwa penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

"Peringatan Hari Santri tahun ini mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri, dimana menegaskan bahwa santri terus berkontribusi aktif dalam memajukan negeri," kata Erlin.

Dikatakan Pj Bupati Kapuas tersebut, santri adalah teladan dalam menjalankan jihad ini, dengan perumpamaan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan untuk memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya.

Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, tetapi adalah milik semua masyarakat, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air serta milik mereka yang teguh dalam menjunjung tinggi nilai kebangsaan.

"Melalui momen peringatan ini, mari kita juga bersama-sama untuk mensejahterakan masyarakat dan menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia," tutur Erlin mengakhiri amanatnya.

Seusai terlaksananya upacara peringatan, kegiatan pun dilanjutkan dengan Kirab Santri yang dimulai dari Masjid Agung AL Mukarram Kuala Kapuas dan finish di Rujab Bupati Kapuas. Kemudian diakhiri dengan silaturahmi bersama Pj Bupati dan pembagian hadiah hiburan.(Glas)

Editor : Tuah

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال