Atlet Menembak Indonesia Ungkap Rahasia Sukses Cetak Sejarah Raih 4 Medali di Asian Games 2023

Atlet Petembak Indonesia Muhammad Sejahtera Dwi Putra Asian Games 2022 di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou, China, Senin (25/9/2023). Foto/ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww
 
POSSINDO.COM, Olahraga -Muhammad Sejahtera Dwi Putra atlet menembak Indonesia, mengungkapkan kunci sukses meraih prestasi gemilang di Asian Games 2022 (2023).

Tera, sapaan akrabnya, berhasil memborong empat medali sekaligus. Rinciannya adalah dua emas di nomor tunggal dan dua perunggu di nomor beregu.

Menurutnya, aspek paling penting bagi seorang atlet menembak adalah mata. Karena itu, ia perlu menjaga kesehatan indera penglihatan agar maksimal membidik sasaran.

"Aset terbesar atlet menembak itu mata. Saya mengurangi main handphone. Kalau makanan sih tidak ada [pantangan]. Main handphone itu berpengaruh sekali," kata Tera, dilangsir dari CNNIndonesia.


Saat harus bepergian menggunakan pesawat, atlet 26 tahun itu mengaku bahkan tidak menonton layar yang ada di kursi penumpang. Untuk menghabiskan waktu ia memilih tidur untuk menambah jatah istirahat.

"Kalau di pesawat yang ada layar itu tidak pernah saya tonton. Saya juga tidak kuat main handphone lama-lama. Kalau di pesawat saya lebih banyak tidur," ujarnya.

Perjuangan yang dilakukannya pun berbuah manis. Jebolan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu berhasil mencetak sejarah.

Tera jadi atlet Indonesia pertama yang meraih medali emas sejak cabor menembak dipertandingkan pada 1954. Ia memperbaiki catatannya usai menyabet perak di Asian Games 2018.

Selain menjaga kondisi fisik, ia juga memelihara kondisi mentalnya sebelum bertanding dengan banyak berdoa. Intensitas ibadah ia tingkatkan setiap kali hendak berlomba.

"Saya punya kebiasaan khusus di luar menembak. Saya mendekatkan diri pada Allah. Perbanyak ibadah, tinggalkan hal-hal negatif," ucapnya.

"Itu butuh konsistensi. Karena ketika sudah menang tapi lupa dengan prosesnya, saya justru takut terlarut dalam foya-foya," ia menambahkan.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال