Menteri PUPR Ungkap Jepang Akan Kaji Proyek Jalur Kereta di IKN

Pak Basuki menyebut Jepang akan Mengkaji Proyek Pembangunan Jalur Kereta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto/tribunnews.com

POSSINDO.COM, Ekonomi -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Jepang akan mengkaji proyek pembangunan jalur kereta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Basuki menyebut pengkajian tersebut dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA). Ia mengklaim Presiden JICA Akihito Tanaka menyampaikan langsung hal tersebut kepadanya beberapa waktu lalu.

"Sekarang sedang dikaji pembangunan jalur kereta api dari Balikpapan maupun di kawasan IKN sendiri," kata Basuki di Jepang, dikutip dari Antara, Jumat (10/11).

"Presiden JICA (Tanaka) datang ke Jakarta. Saya dan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) makan siang bersama untuk membicarakan itu," sambungnya.

Akan tetapi, Basuki tidak menegaskan kapan Jepang akan menggarap studi kelayakan proyek jalur kereta di IKN tersebut.

Terpisah, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan Jepang sudah menandatangani nota kesepahaman (Mou) pengembangan 3 daerah potensial, yakni di Balikpapan, Samarinda, dan IKN Nusantara. Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh menteri pertanahan infrastruktur dan transportasi Jepang.

Setidaknya ada empat proyek kereta api yang bakal dibangun pada 2025 hingga 2029. Keempat proyek tersebut adalah kereta api bandara, kereta perkotaan di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, kawasan perkotaan di dalam Kalimantan, dan intercity.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال