Pemerintah Buka 1,3 Juta Formasi untuk CPNS 2024

Kementerian PANRB Mengatakan Kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Depan Mencapai 1,3 Juta Formasi. Foto/disway.id

POSSINDO.COM, Nasional -Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun depan mencapai 1,3 juta formasi.

Plh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja mengatakan formasi itu untuk instansi pemerintah, baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Ia menyebut penetapan jumlah formasi itu berdasarkan tiga perhitungan.

"Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023," katanya dalam keterangan resmi, Senin (6/11).

Perhitungan kedua yakni jumlah ASN yang pensiun pada 2024. Lalu perhitungan ketiga adalah jumlah kebutuhan riil di lapangan.

Aba mengatakan Kementerian PANRB memberi ruang formasi kebutuhan yang besar dari tahun ke tahun. Namun, pemenuhan formasi itu tidak optimal.

Misalnya, rencana kebutuhan ASN secara nasional sebanyak 1.030.751 baik CPNS maupun PPPK pada 2023. Namun terdapat sejumlah instansi yang tidak mengusulkan formasi, termasuk terdapat beberapa pemda yang tidak mengoptimalkan usulan formasinya.

"Kami menerima banyak keluhan dari fresh graduate yang tidak bisa melamar. Usulan dari kementerian, lembaga, dan pemda belum optimal," ujar Aba.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال