Buat Lagu Pakai Teks Lewat Copilot Chatbot AI Buatan Microsoft

Chatbot AI (Artificial Intelligence) Berbasis Kecerdasan Buatan Microsoft Copilot, Kini Bisa Digunakan untuk Membuat Lagu Atau Musik. Foto/Mashabl

POSSINDO.COM, Ragam -Chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Microsoft Copilot, kini bisa digunakan untuk membuat lagu atau musik dengan berbagai tema lengkap dengan vokal dan lirik lagu.

Pengguna tinggal memasukkan perintah teks yang berisi detail lagu yang ingin dibuat, misalnya tema lagu seperti cinta, persahabatan, liburan dan lainnya. Pengguna juga bisa menambahkan detail irama bahkan genre musik.

Kemampuan membuat musik ini hadir berkat kerja sama Microsoft Copilot dengan Suno, platform kreasi musik berbasis AI di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Dikutip dari KompasTekno, Sabtu (23/12/2023), fitur membuat lagu ini sudah tersedia dan bisa dijajal oleh pengguna di Indonesia secara gratis lewat URL copilot.microsoft.com. Pengguna kini perlu masuk atau sign-in ke akun Microsoft untuk menjajal chatbot AI Microsoft Copilot.

Setelah masuk, pengguna akan melihat daftar plugin di sebelah kanan. Di sana, plugin Suno secara default sudah aktif. Jadi pengguna tinggal memasukkan perintah ke kolom "Ask me anything...". Perintah yang dimasukkan bisa sesederhana seperti buat musik sedih, buat musik bahagia, buat musik untuk olahraga, buat musik untuk teman, dan lainnya.

Setelah itu, Microsoft Copilot akan meneruskan perintah tersebut ke Suno AI. Tunggu beberapa saat sekitar dua menit atau lebih cepat. Kemudian, pengguna akan bisa melihat judul lagu, sampul musik, dan lirik lagu.

 

Untuk mendengarkan musik, klik ikon putar di sampul musik. Sepengalaman KompasTekno, durasi musik yang dihasilkan terbilang pendek yakni mulai 20 detik hingga 1 menit. Pengguna bisa membagikan musik dari Microsoft Copilot X Suno AI ini dengan menyalin link. Selain musik dengan vokal, pengguna juga bisa membuat musik instrumental.

 

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال