Ellyas Pical Sang Legenda Tinju Indonesia

Ellyas Pical Legenda Tinju Indonesia, Ia banyak Mencatatkan Gelar dan Prestasi yang Membanggakan. Foto/ZAENAL EFFENDY/TABLOID BOLA

POSSINDO.COM, Tokoh Lahir di Ullath, Saparua, Ellyas Pical tertarik mengarungi jagat boxing ketika melihat siaran pertandingan tinju dunia, termasuk Muhammad Ali.

Petinju yang akrab disapa Elly itu adalah juara dunia pertama dari Indonesia. Elly merebut sabuk internasional pertamanya pada 19 Mei 1984.

Pada usia belasan tahun, ia sudah mulai berlatih tinju meski belum direstui keluarganya. Mengawali karier tinjunya dari ranah amatir, Elly masuk ke dunia profesional beberapa tahun setelahnya.

Sepanjang kariernya, ia telah menorehkan berbagai prestasi yang turut mengharumkan nama pribadi hingga negaranya.

Lantas, prestasi dan gelar apa sajakah yang pernah diraih Ellyas Pical selama aktif menjadi petinju? Berikut beberapa di antaranya.

Prestasi dan Gelar Juara Ellyas Pical

1. IBF Kelas Bantam Junior

Melekatnya istilah ‘legenda’ bagi Ellyas Pical bukanlah tanpa alasan. Pada riwayatnya, ia tercatat sebagai petinju pertama Indonesia yang sukses meraih gelar juara dunia. Prestasi bersejarah ini diraih Elly pada 3 Mei 1985. Waktu itu, ia menjadi juara dunia IBF kelas bantam junior (kelas terbang super). Elly merebut sabuk juara dunia setelah menumbangkan petinju asal Korea Selatan, Ju Do-chun. Catatan ini menjadi sejarah baru, tak hanya bagi Ellyas Pical sendiri, namun juga untuk bangsa Indonesia.

2. OPBF Kelas Super Terbang

Melihat ke belakang, Ellyas Pical lebih dulu memenangi gelar OPBF kelas super terbang. Prestasinya ini didapat ketika mengalahkan Hee Yun-jung dari Korea Selatan pada 19 Mei 1984.

3. Mempertahankan Gelar IBF Kelas Super Terbang

Pada 25 Agustus 1985, Ellyas Pical mendapat tantangan dari petinju Australia bernama Wayne Mulholland untuk gelar juara dunia IBF kelas super terbang miliknya. Ia sukses menang dan mempertahankan gelar.

Sumber : sindonews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال