Mengenal Apa itu Skena, Kata yang Trending dan Paling Banyak Dicari di Google

Kata Skena Banyak Diperbincangkan di Media Sosial Sejak Oktober 2023 Lalu. Kata ini Viral Terutama pada Platform TikTok. Foto/bisnismuda.id

POSSINDO.COM, Ragam -Ada banyak yang jadi trending di Google selama 2023, termasuk kata skena. Senin (18/12) kemarin Google Indonesia Year In Search 2023 merilis tokoh, film, resep, berita, hingga kata kunci atau keyword yang paling banyak jadi pencarian selama setahun terakhir.

Dari banyaknya kategori, skena termasuk salah satu pencarian "apa" yang paling banyak dicari di Google tahun ini. Skena bersanding dengan kata-kata seperti pick me, catcalling, AI, dan cuaks.

Kata skena sendiri banyak diperbincangkan di media sosial sejak Oktober lalu. Kata ini viral terutama pada platform TikTok.

Arti kata skena

Sebenarnya kata skena tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karena bukan merupakan kata baku. Skena adalah padanan kata yang tidak resmi dari kata bahasa Inggris "scene".

Kata ini muncul sekitar 1940-an. Scene ini sama seperti skena karena sering dikaitkan dengan komunitas seni yang tidak biasa.

Dalam bahasa gaul, skena merupakan singkatan dari tiga kata. Jadi, skena adalah Sua, cengKErama, dan kelaNA. Jika ketiga huruf kapital ini digabungkan, maka akan membentuk kata skena.

Kata yang menjadi akronim skena ini memiliki makna tersendiri, yaitu:

1. Sua

Sua artinya berjumpa, bertemu, dan berkenalan.

2. Cengkerama

Cengkerama adalah berbicara untuk menyenangkan hati, bergurau, bercanda, dan perjalanan yang dilakukan untuk bersenang-senang.

3. Kelana

Kelana artinya merencanakan perjalanan tanpa tujuan yang pasti, atau bisa disebut mengembara.

Karena itu jika disimpulkan skena adalah sebuah sekelompok orang yang mempunyai ketertarikan sama mengenai suatu hal, suka bercengkrama, bergaul, bertukar pikiran, hingga mengobrol. Perkumpulan ini identik dengan perkumpulan musik.

Meski demikian, istilah skena di TikTok memiliki arti yang berbeda. Arti skena dalam TikTok adalah orang yang memiliki gaya pakaian khas dan menyukai genre musik yang underground.

Outfit bagi orang dengan sebutan skena, biasanya identik dengan kaos oversize dengan print-an kata-kata bijak atau logo. Untuk sepatu, anak skena identik menggunakan docmart beserta macbook yang ditempeli banyak stiker.

Musik underground sendiri adalah aliran musik yang mempunyai beberapa subgenre di dalamnya dan bergerak secara independen.

Secara istilah, skena ini tidak merujuk pada hal-hal negatif. Karena, setiap perkumpulan tentu akan menambah dan meningkatkan pengetahuan dari tiap anggota. Namun, penggunaan istilah skena pada media sosial dikonotasikan secara negatif.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال