Mengenal Penyakit Mental PTSD (Post Traumatic Stress Disorder)

Post Traumatic Stress Disorder, Gangguan Stres Pasca Trauma Menjadi Salah Satu Jenis Penyakit Mental yang Umum Terjadi. Foto/hellosehat.com

 
POSSINDO.COM, Ragam -PTSD atau disebut dengan Post Traumatic Stress Disorder, yang diterjemahkan menjadi gangguan stres pascatrauma.

PTSD dapat terjadi setelah peristiwa traumatis pada sesorang, seperti bencana alam, perang, maupun pengalaman buruk di masa lalu (termasuk kecelakaan, pelecehan, penindasan, dan kematian orang terdekat dan lain sebagainya).

 

Apa itu PTSD?

 

PTSD adalah suatu kondisi kesehatan mental yang bisa muncul setelah mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatis.

 

Peristiwa traumatis tersebut mungkin mengancam jiwa atau menimbulkan ancaman signifikan terhadap kesejahteraan fisik, emosional, atau spiritual penderitanya. PTSD dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, baik anak kecil, remaja, orang dewasa, maupun lanjut usia.

 

Orang yang mengalami PTSD akan dilanda oleh pikiran dan perasaaan terkait peristiwa traumatis tersebut. Itu bisa menimbulkan respons, seperti kecemasan, suasana hati tertekan atau perasaan bersalah atau malu.

 

Penderitanya juga bisa mengalami kilas balik atau mimpi buruk terkait peristiwa tersebut. Mereka akan berusaha menghindari situasi, tempat, dan aktivitas yang berhubungan dengan kejadian karena membuatnya diliputi pikiran dan perasaan tidak enak. PTSD akan menyebabkan fungsi hidup sehari-hari seseorang terganggu.


Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال