Mengobati Tipes di Rumah Terapkan 7 Cara Ini Agar Cepat Sembuh

Tipes atau Demam Tifoid Merupakan Penyakit yang Terjadi Karena Infeksi Bakteri Salmonella Typhi.  Foto/Ilustrasi/alodokter.com

POSSINDO.COM, Ragam -Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi.  Penyakit ini biasanya menyebar melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi, mislanya akibat jajan sembarangan.

Infeksi bakteri Salmonella typhi penyebab tipes atau demam tifoid berpindah melalui makanan atau air yang sudah terkontaminasi, serta kontak dekat dengan penderita penyakit ini. Oleh sebab itu, pengobatan tipes di rumah tak lepas dari menjaga pola makan sehat dan hidup bersih.

Cara mengobati tipes di rumah

Berikut adalah beberapa cara mengobati tipes yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Mengonsumsi antibiotik

Antibiotik merupakan cara yang paling efektif untuk mengobati tipes. Biasanya, gejala tipes akan mulai mereda setelah 1-2 hari minum antibiotik. Meski demikian, tetap habiskan antibiotik untuk tipes yang diresepkan demi memastikan bakteri benar-benar mati.

Beberapa jenis antibiotik yang diresepkan untuk pengobatan tipes adalah:

    Ciprofloxacin

    Ceftriaxone

    Azitromisin

    Chloramphenicol, dan alternatif lainnya

2. Mencukupi kebutuhan air putih

Menjaga kecukupan air putih sangat vital dalam penanganan dan pengobatan tipes. Mendapat asupan cairan yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi, yang sering terjadi karena demam dan diare. 

Apabila pasien demam tifoid atau tipes mengalami dehidrasi yang sangat parah, dokter mungkin akan memberikan cairan secara intravena (infus). Inilah yang biasanya membuat pasien tipes perlu dirawat di rumah sakit.

3. Istirahat cukup

Agar pengobatan tipes efektif dan kondisi cepat pulih, pastikan Anda selalu istirahat dengan cukup. Anda bisa izin untuk tidak masuk kerja atau sekolah agar bisa beristirahat secara total.

4. Menjaga kebersihan tubuh

Tipes menular lewat makanan. Gaya hidup tidak bersih jadi salah satu faktor risiko penyebab tipes. Itu sebabnya, menjaga pola hidup bersih dan sehat jadi salah satu cara mengobati tipes di rumah.

Selain itu, menjaga kebersihan juga membantu mencegah tubuh tidak terinfeksi bakteri lain.

Biasakan untuk mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir sebelum makan, setelah buang air kecil dan besar untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi ke orang lain.

5. Makan secara teratur dalam porsi kecil

Saat mengalami tipes, Anda mungkin akan merasa kurang nyaman pada pencernaan. Hal ini bisa membuat Anda jadi tidak selera makan.

Namun, makan tetap jadi salah satu sumber nutrisi yang membantu kesembuhan. Cobalah untuk makan secara teratur dalam porsi kecil tapi lebih sering. Cara ini membantu meminimalisir rasa mual yang muncul 

6. Mengonsumsi makanan rendah serat

Orang dengan penyakit tipes memiliki masalah dengan saluran pencernaan. Itu sebabnya, makan makanan rendah serat bisa jadi salah satu cara untuk membantu mengobati sakit tipes di rumah.

7. Menghindari makanan pedas, berlemak, dan tinggi serat

Agar sistem pencernaan cepat pulih dari infeksi bakteri penyebab tipes, hindarilah makanan tinggi serat, makanan berlemak dan pedas

Sumber : kumparan.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال