Keistimewaan Bulan Rajab dan Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Rajab

Bulan Rajab adalah Salah Satu Bulan Istimewa dalam Islam yang Memiliki Beragam Keutamaan. Foto/Getty Images/iStockphoto/leolintang
 
POSSINDO.COM, Ragam -Bulan Rajab adalah salah satu bulan istimewa dalam Islam yang memiliki beragam keutamaan. Untuk itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik pada bulan ini.

Di tahun ini bulan Rajab 1445 H jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024 dan berakhir pada 29 Rajab 1445 H, 10 Februari 2024.

Beberapa perbuatan yang dilakukan di bulan Rajab memiliki balasan berlipat-lipat. Perbuatan itu mencakup perbuatan baik maupun perbuatan buruk. Jika mengamalkan perbuatan yang tergolong saleh, maka akan memperoleh balasan pahala besar.

 

Sementara itu, perbuatan buruk merupakan tindakan-tindakan yang terhitung sebagai larangan. Misalkan, perbuatan untuk menganiaya diri sendiri dan berbuat maksiat. Jika melanggar, dosa yang diterima sebagai balasan juga akan berlipat.


Keistimewaan Bulan Rajab:

Dibukakan pintu tobat

Sepanjang bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk bertobat. Disebutkan bahwa Allah Swt akan mengabulkan semua doa umat Muslim, termasuk permohonan ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan.

Bulan yang mustajab untuk berdo’a

Berdoa di malam pertama bulan Rajab, insya Allah doa-doa yang dipanjatkannya akan dikabulkan Allah Swt. Hal ini juga ditegaskan oleh Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm, yakni sebagai berikut:

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

Artinya: "Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam Iduladha, malam Idulfitri, malam pertama bulan Rajab, dan malam nisfu Syaban."

Mendapat pahala sebesar ibadah 900 tahun

Salah satu keutamaan bulan Rajab, apabila diisi dengan amalan puasa sunah yaitu insya Allah mendapat pahala sebesar ibadah 900 tahun. Sebagaimana penjelasannya ada dalam dalil berikut:

ن صام ثلاثة أيام من شهر حرام الخميس والجمعة والسبت كتب الله له بكل يوم عبادة تسعمائة عام

Artinya: "Barang siapa berpuasa selama 3 hari dalam bulan haram, hari Jumat, dan Sabtu, maka Allah balas setiap 1 harinya dengan pahala sebesar ibadah 900 tahun."

Mendapat ganjaran surga

Keutamaan lain yang bisa didapat umat Muslim yang melaksanakan puasa sunah di bulan Rajab, insya Allah mendapat ganjaran surga di akhirat.

"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut."

Itulah keutamaan bulan Rajab yang perlu diketahui umat Muslim, sebagai bulan Istimewa untuk melakukan lebih banyak amal saleh agar mendapat pahala berlipat dari Allah Swt.

Daftar Peristiwa Penting dalam Islam di Bulan Rajab

 

1. Isra’ dan Mi’raj

 

Isra’ dan Mi’raj merupakan peristiwa penting yang terjadi bulan Rajab. Hal ini termasuk salah satu mukjizat terbesar Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah dikisahkan mengalami perjalanan bersama Malaikat Jibril, dari Ka'bah di Makkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Dari situlah, Nabi Muhammad melakukan perjalanan yang menembus 7 langit, tepat di tanggal 27 Rajab.

 

2. Pembebasan Yerusalem

 

Pada bulan Rajab tahun 583 H, peristiwa penting berikutnya adalah pembebasan Yerusalem, Palestina. Aktor di balik pembebasan ini adalah Sultan Salahudin Al Ayubi. Sebelum dibebaskan, kota Yerusalem berada dalam kekuasaan serdadu Perang Salib selama 88 tahun. Pasukan yang dipimpin Salahudin akhirnya berhasil merebut kembali Yerusalem setelah bertempur dalam Perang Hattin. Peristiwa ini menandai bahwa kota Yerusalem telah kembali jatuh ke tangan umat Islam.

 

3. Pertempuran Tabuk

 

Perang Tabuk menjadi pertempuran yang mempertemukan kaum Muslimin melawan pasukan dari kaum Romawi. Perang ini berlangsung pada bulan Rajab tahun 9 H (630 M) di sebuah kota antara lembah Al Qura dan Syam. Perang Tabuk menjadi saksi pengorbanan para sahabat Rasulullah. Abu Bakar dan Umar mengorbankan hartanya, sedangkan Utsman memberikan perlengkapan perang untuk sepertiga pasukan.

 

4. Kewajiban Shalat Lima Waktu

 

Peristiwa Isra’ dan Mi’raj dipercaya menjadi momentum keluarnya perintah Allah SWT untuk menetapkan salat 5 waktu pada kaum muslimin. Semula, wahyu yang diberikan kepada Nabi Muhammad berupa kewajiban salat sebanyak 50 kali. Selepas itu, jumlah salat berangsur-angsur berkurang seiring dengan permintaan Nabi kepada Allah. Pada akhirnya, jumlah salat wajib menjadi 5 waktu, yaitu pada waktu Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

 

5. Sayyidah Aminah binti Wahb Mengandung

 

Bulan Rajab juga diketahui sebagai bulan saat Sayyidah Aminah binti Wahb mengandung janin Rasulullah SAW. Janin yang kelak diberi nama Muhammad itu akhirnya lahir pada bulan Rabi’ul Awwal dan menjadi rahmat dari Allah SWT.


Sumber : tirto.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال