Sering Tidak Disadari, Ini 5 Pemicu Nyeri Gigi

Nyeri Gigi, entah yang Ringan atau Parah, Sama-Sama Membuat Seseorang Langsung Tidak Berselera untuk Berkegiatan. Foto/rey.id

 
POSSINDO.COM, Ragam -Nyeri gigi biasanya terjadi karena gigi terinfeksi, rusak, atau dicabut. Selain itu, bakteri yang tumbuh dan berkembang di mulut tak hanya berdampak buruk bagi gigi. Bakteri ini juga bisa menyebabkan kerusakan di gusi yang membuat gigi jadi sensitif.

 

Nah, tahu tidak ternyata ada kebiasaan yang tidak disadari dan dapat memicu nyeri gigi? Yuk simak penjelasan berikut.

Kebiasaan-Kebiasaan Pemicu Nyeri Gigi

 

Ada beberapa kebiasaan atau hal yang ternyata dapat memicu nyeri gigi, antara lain:

 

1. Membuka barang pakai gigi

 

Kita sering kali mengandalkan gigi untuk membantu kita melakukan sesuatu. Seperti merobek kantong keripik kentang, membuka tutup botol, atau merobek label harga di pakaian yang baru dibeli.

 

Ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan trauma pada gigi dan membuat tepi gigi retak, bahkan patah. Sebagai gantinya, selalu siapkan gunting dan alat pembuka botol. Pakai gigimu untuk makan saja ya!

 

Jika terlanjur terserang nyeri gigi, temukan obat-obatan yang ampuh di sini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Gigi yang Ampuh di Apotek”.

 

2. Makan berlebihan

 

Makan berlebihan atau binge-eating mungkin menyenangkan, apalagi jika sambil menonton film. Tapi, kegiatan ini sering kali melibatkan konsumsi makanan manis yang berlebihan. Hal ini tentu saja memicu datangnya sakit gigi.

 

Terlebih jika muntah setelah makan banyak, risiko nyeri gigi jadi lebih tinggi karena asam yang terdapat pada muntahan bisa mengikis dan melemahkan gigi. Dampak kurang menyenangkan lainnya adalah bau mulut yang muncul karena asam.

 

Yuk cari tahu juga makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat nyeri gigi dengan baca artikel ini: “Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Alami Nyeri Gigi”.

 

3. Menggeretakkan gigi

 

Menggertakkan gigi bisa disebabkan oleh stres atau kebiasaan tidur seseorang. Jika dilakukan saat tidur, hal ini akan sulit dikendalikan dan bisa merusak gigi jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

 

Ada cara untuk melindungi gigi jika seseorang mempunyai kondisi ini. Contohnya dengan menghindari makan makanan keras saat siang hari, dan gunakan pelindung gigi sebelum tidur.

 

4. Menggigit kuku

 

Jika kamu punya kebiasaan secara tidak sadar menggigit kuku, sebaiknya segara hentikan. Sebab gigimu bisa rusak jika dilakukan dalam untuk waktu yang lama. Yang pertama akan terdampak adalah bentuk gigi, lalu ketika mulai mempengaruhi seluruh bagian gigi, barulah nyeri gigi yang parah menyerang. Seram, bukan?

 

5. Terlalu sering minum soda

 

Soda mungkin sangat menggoda di siang bolong dengan panas menyengat. Tapi, meskipun menggiurkan, soda bisa membahayakan gigi jika diminum terlalu sering.

 

Soda mudah merusak enamel dan membuat gigi jadi lemah. Selain itu, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan infeksi gigi. Kalau sesekali saja mungkin tidak masalah, tapi jika kamu punya kecenderungan kecanduan soda, lebih baik segera cari cara untuk mengatasinya. 

 

Sumber : halodoc.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال