6 Jenis Makanan Buka Puasa Baik untuk Lambung

Selama Puasa Ramadan Anda Tetap Bisa Menjaga Kesehatan Lambung dengan Berbuka dengan Makanan Terbaik. Foto/iStockphoto/YelenaYemchuk

POSSINDO.COM, Ragam -Kunci memilih makanan agar lambung sehat selama puasa, kuncinya adalah menghindari makanan asam, pedas, berlemak, gorengan, bergula, olahan, dan berkafein yang dapat mengiritasi.

Pilihan terbaik yang disarankan adalah makanan lunak serta rendak gula, asam, dan lemak jenuh. Mengikuti cara itu bisa menjadi tips puasa sehat bagi lambung Anda.

Daftar makanan terbaik untuk lambung sehat

 

Dilansir dari Very Well Health dan Pharmeasy, berikut daftar makanan terbaik untuk menjaga lambung sehat yang dapat Anda makan selama buka puasa:

 

1. Teh jahe

 

Kandungan utama jahe adalah gingerol yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Meminum teh jahe sebelum atau sesudah makan merangsang sekresi air liur, cairan lambung dan produksi empedu, menetralkan asam lambung.

2. Buah-buahan dan sayuran

Pilihlah buah dan sayuran rendah asam seperti apel, beri, labu, dan wortel. Pisang juga dapat membantu dengan merangsang produksi lendir yang melindungi terhadap asam lambung. Namun, hindari makan terlalu banyak karena dapat menyebabkan kembung, gas, dan kram pada beberapa orang.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh baik dimakan untuk menjaga lambung sehat. Makanan ini misalnya, nasi merah dan roti randum. Ini ideal karena hambar dan mengandung serat (yang penting untuk kesehatan pencernaan).

4. Produk susu rendah lemak

Lemak dapat mengiritasi lapisan lambung dan memperburuk gejala gastritis, apalagi produks susu mengandung full-fat. Pilihan terbaik untuk produk susu rendah lemak, seperti yogurt tawar tanpa lemak.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Namun, Anda harus menghindari untuk mencampurnya dengan mentega krim, dan bumbu. Kacang-kacangan dan selai kacang mengandung protein tinggi, tetapi juga tinggi lemak yang dapat menimbulkan masalah bagi penderita maag. Makanan sumber protein ini umumnya baik, tetapi porsinya harus kecil karena dapat menyebabkan gas dan kembung.

6. Biji chia

Biji chia memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengobati gejala refluks asam. Selain itu, makanan ini juga kaya nutrisi, serat, dan asam lemak omega-3. Ini dapat ditambahkan (setelah direndam dalam air) ke minuman dingin, smoothie, jus buah, yoghurt, bubur, puding, dan dikonsumsi sebagai takjil.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال