Indonesia Peringkat Dua Penghasil Timah Terbesar Didunia, 5 Daerah Ini Jadi Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Indonesia Menduduki Peringkat kedua Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia setelah China. Foto/alobi.org

POSSINDO.COM, Ragam -Indonesia menduduki peringkat kedua negara penghasil timah terbesar di dunia setelah China.

Menurut Booklet Tambang Timah 2020 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada 2019 Indonesia memproduksi 78.189 ton timah dengan total cadangan mencapai 800 ribu ton.

Mineral timah di Indonesia tersebar di beberapa daerah yang dinamai dengan The Indonesian Tin Belt. Memang, timah hanya dapat ditemukan di pulau tertentu saja.

Berikut daftar daerah penghasil timah terbesar di Indonesia:

1. Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung merupakan merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. Wilayah ini bahkan mendominasi 90 persen dari produksi timah nasional. Penambangannya sudah dimulai sejak 1711.

Diketahui, sumber daya timah di Bangka Belitung pada 2021 sebesar 2,1 juta ton dengan cadangan 1,9 juta ton. Sementara potensi bijih timah pada 2021 mencapai 6 miliar ton, dengan cadangan bijih timah 6,1 miliar ton.

2. Riau

Provinsi Riau adalah penghasil timah terbesar kedua di Indonesia, dengan produksi mencapai 10 ribu ton per tahun. Cadangan bijih timah di Riau diketahui sebesar 2 miliar ton, sementara cadangan timah sebesar 2 juta ton.

3. Kepulauan Riau

Provinsi Kepulauan Riau adalah penghasil timah terbesar ketiga di Indonesia dengan produksi mencapai 5.000 ton per tahun. Pulau Bintan dan Batam adalah daerah utama penghasil timah di provinsi ini.

Cadangan bijih timah di Kepulauan Riau diketahui sebesar 280 juta ton, sementara cadangan timah sebesar 140 ribu ton.

4. Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat menjadi penghasil timah terbesar keempat di Indonesia, dengan produksi mencapai 2.500 ton per tahun. Kabupaten Bengkayang dan Singkawang adalah daerah utama penghasil timah di provinsi ini.

Cadangan bijih timah di Kalimantan Barat diketahui sebesar 1 juta ton, sementara cadangan timah sebesar 40 ribu ton.

5. Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara pun menjadi penghasil timah terbesar kelima di Indonesia, dengan produksi mencapai 2.000 ton per tahun. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Minahasa Utara adalah daerah utama penghasil timah di provinsi ini.

 

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال