Kenali Nutrisi-Nutrisi yang Diperlukan Tubuh untuk Cegah Anemia

Anda Dapat Melawan Anemia dengan Mencukupi Asupan Nutrisi. Foto/alodokter.com
 
POSSINDO.COM, Ragam -Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Akibatnya, darah menjadi tidak mampu membawa oksigen dalam jumlah yang cukup.


Kelelahan adalah salah satu gejala anemia yang paling jelas. Gejala lainnya, meliputi detak jantung tidak teratur, pusing, serta tangan dan kaki dingin.

Menurut penjelasan yang dikutip dari Very Well Health, salah satu penyebab kekurangan sel darah merah adalah karena Anda tidak mendapatkan nutrisi yang tepat.

- Vitamin B9 (asam folat), yang membantu tubuh Anda membuat sel darah merah. Makanan sumber asam folat termasuk sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan makanan laut.

- Zat besi, yang merupakan bagian penting dari hemoglobin. Makanan sumber zat besi termasuk daging merah, makanan laut, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.

-Vitamin B12, yang membantu tubuh membuat sel darah merah. Sumber vitamin B12 meliputi daging, ikan, susu, dan telur.

- Tembaga, yang berguna untuk membantu tubuh membuat hemoglobin. Makanan sumber tembaga, seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan jeroan hati.

- Vitamin A, yang membantu tubuh membuat sel darah merah. Contoh sumber vitamin A adalah wortel dan sayuran berdaun hijau.

- Vitamin C, yang membantu metabolisme zat besi, yang diperlukan untuk membuat hemoglobin. Makanan sumber vitamin C meliputi buah sitrus dan sayuran berdaun hijau.

- Vitamin E, yang berperan membantu melindungi sel darah merah bersirkulasi dalam tubuh Anda. Sumbernya meliputi kacang-kacangan, alpukat, dan paprika.

 

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال