Layanan Rawat Inap Kini Sudah Ada di Delapan (8) Puskesmas Di Pulang Pisau

 
Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani saat meninjau fasilitas kesehatan RSUD Pulpis. Saat ini Pemkab melalui Dinkes juga tengah berupaya meningkatkan fasilitas yang ada di Puskesmas. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Dalam mendukung pelayanan keshatan yang prima. Saat ini Pemkab Kabupaten Pulang Pisau telah memiliki 12 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di delapan kecamatan dan 8 diantaranya sudah punya layanan rawat inap. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pulang Pisau dr Pande Putu Gina beberapa waktu lalu.

“Betul, delapan Puskesmas di Kabupaten Pulang Pisau saat ini telah memberikan layanan kesehatan rawat inap kepada masyarakat. Yaitu, Puskesmas Bahaur Hilir, Puskesmas Sebangau, Puskesmas Bawan, Jabiren Raya, Maliku, Tahai Jaya, Pangkoh dan Bahaur Tengah.

Dikatakan dr Pande lagi dengan kehadiran puskesmas rawat inap maka diharapkan akan semakin membantu Masyarakat yang akan berobat dengan layanan yang lebih maksimal. Terlebih Puskesmas yang melayani rawat inap itu telah dilengkapi tenaga dokter.

“Jadi yang ada keluhan sakit dan harus mendapatkan penanganan lebih serius bisa memanfaatkan layanan rawat inap. Kecuali diagnosanya memang mengharuskan dirujuk ke rumah sakit baru diberikan rujukan. Tetapi kalua sakit ringan dan bisa ditangani oleg dokter puskesmas maka bisa memanfaatkan layanan tersebut,” ungkap dr Pande.

SDM dan Fasilitas Akan Terus di Tingkatkan

Untuk mendukung kenyamanan pasien, keberadaan 12 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) kedepan dikatakan dr Pande Putu Gina akan terus dikuatkan. Baik dari segi SDM nakes maupun dari fasilitas pendukung. Menurut pria murah senyum ini, kesehatan adalah kebutuhan dasar bagi manusia, dan sesuatu yang dapat dikatakan sangat mahal. Sehingga hal yang penting tersebut menjadi hak dari Masyarakat untuk bisa diterima dengan adil.

 
Salah seorang Petugas Kesehatan di Puskesmas Jabiren Raya saat melayani pasien yang memanfaatkan Layanan Kesehatan. Foto/IST
 
“Masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan. Karena jika masyarakat sehat mereka bisa bekerja. “Saya berharap, dengan pelayanan kesehatan yang baik, maka sumber daya manusia (SDM) ke depan adalah SDM yang handal yang memiliki harapan hidup tinggi,” tukasnya.


Akui Layanann Rawat Inap Sangat Membantu Masyarakat


Kepala Puskesmas Jabiren Raya, Rustam Effendie menyampaikan jika layanan rawat UGD dan Rawat inap dirasa sangat membantu bagi Masyarakat. Hal tersebut bisa terlihat dari seringnya masyarakat sekitar terutama desa Pilang, Jabiren, Sakakajang, Simpur dan Henda yang sering memanfaatkan layanan UGD dan Rawat Inap.
  
Salah satu Pasien saat tengah berbincang dengan petugas Puskesmas Jabiren Raya. Foto/IST

“Kecuali desa lain seperti Tumbang Nusa Nusa dan Desa Taruna lebih ke arah RS kelampangan karena lebih dekat dan dan untuk desa garung lebih memilih ke RS Pulpis karena juga dekat. Namun tidak hanya melayani Masyarakat sekitar, para apengendara yang lewat juga sering memanfaatkan layanan kami baik pengendara roda 2,4 dan bahkan roda 6. Hal tersebut lantaran berada di jalur lintas,” ungkap Rustam.

“ Untuk meningkatkan layanan, kedepan kami berharap bisa mendapatkan dukungan berupa tenaga kesling. Tenaga lab .dan tenaga administrasi keuangan serta tenaga rekam medik. Sementara ini untuk alat dan obat obatan kami sudah merasa cukup. Namun jika keperluan mendadak seperti benang jahit , Jarum jahit dll terkadang kami terpaksa harus siapkan sendiri hal itu untuk mengejar kecepatan layanan pada Masyarakat,” tukasnya. (Lp/Sam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال