Kereta Otonom Tanpa Rel dan Taksi Terbang Bakal Uji Coba di IKN pada Juli 2024

Ilustrasi Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto/itb-ad.ac.id
 
POSSINDO.COM, Nasional -Konsep kota cerdas dan canggih yang berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN) tampaknya memang serius direalisasikan pemerintah.
 
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) baru-baru ini berencana melakukan uji coba kendaraan otonom, yakni kereta otonom tanpa rel (autonomous rail transit/ART) dan taksi terbang (advanced air mobility) di IKN pada Juli 2024.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (4/5/2024).

 

"Otorita IKN mencanangkan untuk melakukan uji coba di sektor transportasi cerdas meliputi kendaraan otonom, autonomous rail transit (kereta tanpa rel) dan advanced air mobility (taksi terbang) pada Juli 2024," ujar Mohammed Ali Berawi.

 

Saat ini, pengembangan infrastruktur berlandaskan prinsip hijau berkelanjutan tengah digenjot Pemerintah untuk membantu meningkatkan kinerja operasional kota dan kualitas hidup penduduk di IKN.

 

“Nusantara akan mengimplementasikan sistem transportasi cerdas atau intelligent transportation system (ITS) untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam bermobilitas," kata Ali.

 

"Momentum pembangunan IKN merupakan peluang besar untuk pengembangan dan penguasaan teknologi ITS dan moda transportasi inovatif, seperti kendaraan otonom dan advanced air mobility,” imbuhnya.

 

Sumber : tvonenews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال