Polemik UKT Mahal, Nadiem Makarim Dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Bahas Isu Pendidikan

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim. Foto/likmi.ac.id

POSSINDO.COM, Nasional -Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim ke Istana setelah polemik uang kuliah tunggal (UKT) mahal.

Nadiem tiba di kompleks Istana sekitar 13.21 WIB. Dia langsung bergegas masuk ke istana untuk menghadap Jokowi.

"Bahas beberapa isu pendidikan, mau lapor Pak Presiden. Iya (terkait UKT) dan ada beberapa isu," kata Nadiem di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5).

Polemik UKT mahal terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Mahasiswa menggelar aksi penolakan terhadap kenaikan uang kuliah secara drastis dan mendadak.

Nadiem juga sudah diundang DPR dalam rapat kerja (raker) pada Selasa (21/5). Dia dicecar tentang kenaikan UKT yang mempersulit akses pendidikan.

"Untuk itu kami minta pemerintah menjelaskan ke mana sih anggaran Rp665 triliun itu? Supaya masyarakat tahu dan paham apa fungsi pendidikan dan apa yang dilakukan Kemendibudristek untuk meredam mahalnya biaya pendidikan," ucap Pimpinan Rapat Komisi X Dede Yusuf pada rapat Komisi X DPR RI pada Selasa (21/5) lalu.

Nadiem beralasan kenaikan UKT hanya terjadi di kelompok tingkat atas. Menurutnya, jumlah mahasiswa di kelompok itu sedikit.

"Dan kita melihat kebijakan UKT ini tidak akan berdampak bagi klasifikasi UKT di tingkat-tingkat rendah," ucap Nadiem dalam rapat bersama DPR.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال