Kondisi Perekonomian Indonesia Menunjukkan Tren Positif

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sudarto Menyampaikan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia disebut Menjadi yang Terbaik Kedua Setelah Tiongkok. Foto/Ilustrasi/Freepik

POSSINDO.COM, Ekonomi -Kondisi perekonomian Indonesia tetap menunjukkan tren positif meski perekonomian dunia sedang tidak baik-baik saja.

Dilangsir dari metrotvnews.com Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sudarto menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai dengan kuartal II-2023 secara tahunan atau year on year (yoy) masih mencapai 5,17 persen.

"Mungkin kedua terbaik di dunia di bawah Tiongkok yang di angka 6,3 persen. Artinya, kita sudah tujuh triwulan di atas lima persen," ucap Sudarto saat sambutan acara Sembadha di Gedung PKN STAN, Kamis, 26 Oktober 2023.

Sudarto juga menjelaskan sektor lapang usaha juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Terutama pada sektor transportasi dan pergudangan sebesar yang tumbuh menjulang hingga 15,28 persen dan jasa lainnya di angka 11,8 persen.

"Kepercayaan dunia usaha kita tetap terjaga tinggi ditunjukkan oleh Purchasing Manager Index (PMI) Index Manufaktur Indonesia dan dirilis oleh S&P Global menunjukkan bahwa pada Agustus 2023 ada pada level 53,9 atau naik 0,6 poin dibandingkan bulan sebelumnya," terang Sudarto.

Jadi, menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan pelaku usaha masih sangat tinggi. "Inflasi juga sangat baik di Indonesia, inflasi di kita bisa kita pertahankan di rentang tiga persen," imbuh dia.

Sumber : metrotvnews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال