Mengenal Apa Itu Chat GPT dan Apa Fungsinya

Dunia Teknologi Telah Digemparkan dengan Munculnya Kecerdasan Buatan AI (Artificial intelligence). Foto/utmj.ac.id

POSSINDO.COM, Ragam -Dunia teknologi telah digemparkan dengan munculnya kecerdasan buatan AI (Artificial intelligence). Salah satu produknya Chat GPT bahkan mulai banyak digunakan saat ini.

Chat GPT menggunakan teknologi AI untuk berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan teks. Implementasi teknologi AI ini juga marak untuk mempermudah pekerjaan berkaitan bisnis seperti copywriting hingga customer service.

Apa itu Chat GPT?

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah kecerdasan buatan yang cara kerjanya memakai format percakapan. Teknis sederhananya adalah seperti kita bertanya dengan guru di kelas, tetapi di Chat GPT kamu bertanya kepada AI dan secara otomatis memperoleh jawaban dalam waktu singkat.

Chat GPT secara otomatis akan men-generate jawaban dari pertanyaan kamu sesuai dengan database yang dimiliki.

Tugas-tugas yang ditanyakan kepada Chat GPT umumnya seputar pekerjaan (misalnya membuat rumus excel, kode-kode coding, adan lainnya), pendidikan (membuat soal matematika dan jawabannya, membuat makalah/paper, dan lainnya) dan juga hal-hal yang receh (misalnya membuat jokes).

Selain itu, Chat GPT juga memiliki fungsi lainnya seperti berikut

1. Menyediakan Beragam Informasi

Pengguna dapat menemukan beragam informasi dengan mudah melalui teknologi AI. Mereka cuman mengajukan pertanyaan lewat OpenAI. Kemudian AI akan memberikan jawaban yang relevan.

Sayangnya informasi yang AI berikan hingga tahun 2021. Artinya pengguna tidak bisa mendapatkan informasi terbaru, seperti prediksi cuaca atau perkiraan harga aset.

2. Membantu Pendidikan

Chat GPT juga bisa dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Khusus untuk siswa dan guru bisa mengakses berbagai informasi dengan bantuan AI. Termasuk menjawab soal matematika.

3. Melakukan Percakapan

Kemampuan AI lainnya yang tak kalah hebat adalah melakukan percakapan otomatis. Pengguna bisa mulai mengajukan pertanyaan, kemudian AI akan menjawab layaknya percakapan dengan manusia.

4. Memberikan Rekomendasi

Seperti manusia, chat GPT juga bisa memberikan rekomendasi mengenai tempat makan, film terbaru hingga outfit trendy. Teknologi AI akan memberikan dan mempertimbangkan preferensi dan kebutuhan para penggunanya.

5. Meningkatkan Produktivitas

Kemampuan chat GPT yang dimanfaatkan dengan baik mampu meningkatkan produktivitas penggunanya. Bagaimana tidak? Sistem AI memberikan semua jawaban atau informasi yang pengguna butuhkan dalam hitungan detik.

6. Membantu Customer Service

Bisnis saat ini mulai banyak memanfaatkan chat GPT untuk melayani pelanggan. Mereka mengintegrasikan aplikasi customer service dengan openAI.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi customer service yang terintegrasi dengan chat GPT. Teknologi AI akan merekomendasi sejumlah jawaban untuk membalas pelanggan. Sehingga Agen CS cukup memilih jawaban yang paling relevan, tanpa pusing membuatnya dari awal.

Sumber : qontak.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال