Anies Ungkap Akan Permudah Proses KPR Jika Jadi Presiden di Pilpres 2024

Anies Baswedan Ungkap Akan Mempermudah Proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Jika Terpilih Menjadi Presiden di Pilpres 2024. Foto/DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM

POSSINDO.COM, Politik -Anies Baswedan berjanji akan mempermudah proses kredit pemilikan rumah (KPR) jika terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024.

Ia mengatakan banyak mendengar masukan, terutama dari Generasi Z, soal kebutuhan memiliki rumah. Oleh karena itu, Anies berjanji mereformasi sistem KPR di Indonesia.

"Ini salah satu agenda utama kita (bersama Muhaimin Iskandar), melakukan reformasi KPR. KPR untuk semua, itu judulnya. Kita ingin agar kredit perumahan rakyat jangan menjadi 'Kapan Punya Rumah', tapi kita menginginkan agar aturan-aturan untuk penunjang bagi pembangunan rumah itu dimudahkan," katanya usai acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit di Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat (24/11)

"Pertanyaannya sulit, ini (sistem KPR saat ini) mau diteruskan atau diubah? Kalau mau diteruskan ya pilih yang melanjutkan. Tapi kalau mau yang diubah, pilih yang mau lakukan perubahan," imbuh Anies.

Ada dua sasaran utama dalam rencana reformasi KPR ala Anies. Pertama, ia mau mereka yang bekerja di sektor informal bisa mendapatkan akses KPR.

Kedua, Anies ingin para pekerja independen, seperti seniman, budayawan, tokoh agama, tokoh sosial, hingga tokoh masyarakat bisa mandiri.

"Nah, padahal bank-bank milik negara adalah tugasnya membantu negara membuat rakyat punya rumah. Ada backlog 12 juta lebih, sementara bank milik negara punya keuntungan yang besar dari KPR. Harusnya, seharusnya kita lakukan reformasi," tegasnya.

Menurutnya, bank pelat merah bisa mempermudah prosedur KPR. Ia juga menyinggung peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk ikut menyederhanakan regulasi eksisting agar akses KPR bisa lebih gampang.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال