Bawaslu Pulang Pisau Gandeng Awak Media Awasi Pemilu Serentak 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau, Zahrotul Mufidah memberikan keterangan pada sejumlah awak Media Pulpis Usai Coffe Morning bertempat di Wata Cafe Ray II Pulang Pisau, Selasa (14/11/2023) tadi.Foto/IST


POS SINDO.COM, Pulang Pisau – Dalam upaya menciptakan pemilu yang damai dan sehat. Badan Pengawas Pemilu ( BAWASLU) Kabupaten Pulang Pisau menggandeng awak media lokal baik media online, cetak dan radio melalui kegiatan Coffe Morning bertempat di Wata Cafe Ray II Pulang Pisau, Selasa (14/11/2023) tadi.

Dikatakan Ketua Bawaslu Pulang Pisau Zahrotul Mufidah, diperlukan peran serta dari banyak pihak untuk menciptakan pemilu yang sehat dan damai. Salah satunya yakni dengan peran media dalam hal sosialiasi dan pemberitaan pada Masyarakat seputar tahapan pemilu 2024.

“Melalui kegiatan hari ini tentu kita ingin membangun sinergitas, bersama-sama awak media untuk bisa melakukan pencegahan dan pengawasan dalam mendukung pemilu serentak 2024 yang tinggal menunggu hitungan hari,” ungkap Mufidah.


Sementara itu Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat pada Bawaslu Pulpis, Siti Rahmawati menjelaskan jika pihaknya akan mulai melakukan penertiban pada sejumlah Baliho dan Spanduk yang dinilai masuk kategori Alat peraga kampanye (APK).

“Spanduk dan baliho yang mengarah pada APK kita mulai lepas serentak pada hari ini di delapan kecamatan. Karena sesuai dengan aturan, tahapan kampanye baru mulai tanggal 28 November nanti. Itupun pada titik-titik yang sudah ditentukan. Mana saja yang boleh dipasang dan tidak boleh,” ungkapnya.

Baliho dan spanduk yang dinilai mengarah pada APK dikatakan Siti Rahmawati bisa diketahui jika memuat beberapa unsur. Seperti ada tanda Paku, ada tanda contreng atau coblos. kemudian ada ajakan. Pada kategori tersebut dinilai sudah masuk kategori APK dan akan diturunkan.

“Kita sebelumnya sudah menyampaikan pada parpol hal tersebut dan mereka sudah sepakat. Karena ini adalah bagian dalam menciptakan pemilu yang sehat seperti yang kita kehendaki Bersama. Nanti ada saatnya boleh berkampanye,” tukasnya. 

Kegiatan Coffe Morning tersebut juga menghadirkan narasumber dari Kadiskominfo Pulang Pisau, Moh Insyafi yang menyampaikan peran media dalam menangkal pemberitaan hoax seputar Pemilu 2024. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال