Unik Dibuat Tanpa Coding Game Mirip Angry Birds Ini Diciptakan Lewat AI

Game Angry Pumpkins dibuat dengan chatbot ChatGPT, Dall-E, dan Midjourney. Foto/ tekno.kompas.com

POSSINDO.COM, Ragam -Seorang pengguna media sosial X (Twitter) bernama Javi Lopez, membuat game berbasis web hanya dengan mengandalkan program kecerdasan buatan (AI) ChatGPT GPT-4, Dall-E 3, dan Midjourney.

Lopez sendiri tidak melakukan coding atau pengkodean secara manual. Ia hanya memberikan perintah teks pada ketiga program AI tersebut untuk merancang game ini. Game bernama Angry Pumpkins ini mengusung grafik dua dimensi (2D) dan mekanisme permainan seperti game mobile Angry Birds.

Dalam pembuatan game ini, Lopez memanfaatkan chatbot GPT-4 untuk menulis 600 kode agar permainan tersebut berfungsi, program AI text-to-image Midjourney untuk menggambar objek dan latar belakang permainan, serta Dall-E untuk membuat layar judul game.

Pada Game ini pemain akan mengontrol dan meluncurkan sebuah labu untuk menghantam pasukan monster yang dilindungi berbagai struktur, seperti boks dan tulang. Meski hanya terdiri dari satu level, Angry Pumpkins dibekali editor level untuk merancang level sendiri, mulai dari menambahkan jumlah monster hingga menaruh struktur yang melindunginya.

Menurut Lopez, pembuatan grafik untuk game ini adalah proses paling mudah, mengingat ia memiliki pengalaman lebih dari satu tahun dalam pembuatan gambar dengan AI. Salah satu grafik yang dibuat dengan AI adalah layar judul Angry Pumpkins.

Lopez meminta Midjourney untuk membuat layar judul yang terinspirasi dari visual Angry Birds, tetapi dengan elemen Halloween, mulai dari rumah hantu, kuburan, dan kelelawar. Setelah membuat grafik, tahap berikutnya adalah menulis kode agar game tersebut bisa dimainkan.

Lopez mengatakan bahwa proses ini paling menantang, meski ia sama sekali tidak menulis kode pemrograman secara manual. Ia memulai penulisan kode dengan meminta ChatGPT untuk membuat game bergaya Angry Birds.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال