Balangan Berstatus Siaga Darurat Banjir, Warga Dihimbau untuk Amankan Barang Penting

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, Menetapkan Kabupaten Balangan Resmi Berstatus Siaga Darurat Banjir Sejak Tanggal 4 Desember 2023. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Kabupaten Balangan resmi berstatus siaga darurat banjir. Status tersebut ditetapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), berdasarkan hasil analisis data dari Impact Based Forecast BMKG, Satgas Banjir PUPR dan Inarisk BNPB.

Status tersebut berlaku sejak tanggal 4 Desember 2023. Status siaga banjir tersebut dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi, saat memasuki musim penghujan.

Warga diminta untuk menyelamatkan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas diluar rumah. Jika diluar rumah hendaknya menghindari Baliho, pohon besar, dan saluran air (gorong-gorong).

Warga juga diimbau menyiapkan tas siaga berisi makanan, minuman, obat-obatan, pakaian, dokumen berharga dan lain-lain.

Menanggapil hal tersebut, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Balangan, H Rahmi menuturkan, status siaga yang dinyatakan oleh Provinsi ini bersifat tentatif.

H Rahmi menambahkan, Status Siaga Darurat Banjir tersebut praktis menjadi perhatian bersama.

"Terkait status ini tentu saja menjadi perhatian kita untuk selalu waspada dan menyampaikan informasi ini kepada semua pihak dan masyarakat agar berhati-hati dan mengantisipasi keadaan," ungkapnya, Selasa (5/12/2023).(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال